"Loading..."

Perhutani Bersama HKTI Sosialisasikan Produksi Jagung Kepada LMDH di Parengan

PARENGAN, PERHUTANI (8/10/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Parengan bersama Koperasi Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan Riogen Pupuk Cair Hayati melakukan sosialisasi tentang kebun jagung dan off taker di halaman Kantor Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Mulyoagung pada Rabu (7/10).

Hadir dalam acara tersebut Administratur KPH Parengan Setyo Salindra Putri bersama jajarannya, Direktur HKTI Isa Harun, perwakilan Riogen Pupuk Cair Hayati Tatang Lesmana, perwakilan Netrogen Puspat Kalium (NPK) Banana Singgih Santoso dan 19 Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di wilayah KPH Parengan.

Administratur KPH Parengan Setyo Salindra Putri mengatakan, bahwa ia akan mendukung  program HKTI untuk membantu kesulitan petani. Perhutani KPH Parengan akan menyediakan lahan seluas 6 hektar di BKPH Mulyoagung dan di BKPH Parengan Selatan seluas 3 hektar yang diminta oleh HKTI untuk demplot. “Saya berharap dengan ada program dari HKTI ini petani akan lebih semangat  dan maju,” ujarnya.

Direktur HKTI Isah Harun dalam kesempatan tersebut mengatakan, bahwa koperasi HKTI Tamara ini akan bekerjasama dengan Perhutani KPH Parengan untuk membantu kesulitan petani agar bisa produksi jagung dengan hasil yang baik, merekap berbagai kendala terhadap penjualannya dan cara mendapat pinjaman modal usaha.

“Kami  terlebih dahulu akan mengadakan uji coba tanam jagung dengan memberikan bibit jagung 20 kilogram per 1 hektar, pupuk riogen cair hayati 5 liter dan  NPK banana 3 kwintal dan hasil panen untuk petani,” katanya.

Menurutnya hal tersebut menindaklanjuti perintah dari Ketua Umum HKTI Moeldoko yang peduli kepada petani untuk meningkatkan kesejahteraannya dan mendapatkan kredit usaha tani masyarakat serta hasil panen jagung yang ditanam produksinya dapat meningkat.

Sementara itu Tarto Ketua LMDH Wono Mulyo mewakili semua pengurus LMDH yang hadir menyatakan rasa bangga petani mempunyai peluang untuk berkembang. “Dengan adanya pertemuan ini mudah-mudahan KPH Parengan akan lebih maju dengan semboyan ‘Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera’,” tuturnya. (Kom/PHT/Prg/ Ags)

Editor : Ywn

Copyright©2020