"Loading..."

Perhutani Bersama Kabupaten Bandung Barat Launching Kampung Kurang Sampah

BANDUNG UTARA, PERHUTANI (15/7/2020) | Administratur Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara Komarudin Bersama Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, membuka secara resmi Kampung Kurang Sampah di Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat, Selasa (14/7).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Barat, Kepala Desa Kertawangi Yanto  serta unsur Muspika lainnya dan aparat TNI Polri.

Dalam penjelasannya Komarudin mengatakan Kampung Kurang Sampah ini merupakan contoh inovatif dan inspiratif untuk mengurangi sampah. Oleh sebab itu, kedepan akan coba diaplikasikan juga disejumlah wisata milik Perhutani KPH Bandung Utara.

“Persoalan sampah memang sudah menjadi tanggung jawab bersama. Dengan dibukanya Kampung Kurang Sampah ini mudah-mudahan menjadi contoh bagi wilayah lainnya,” katanya.

Komarudin menyebutkan selain pembukaan Kampung Kurang Sampah, diadakan juga penanaman bersama bibit pohon di kawasan wisata Curug Pelangi.

Sementara itu Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menerangkan dari seluruh desa yang ada di Kabupaten Bandung Barat, baru Desa Kertawangi yang menghasilkan program inovatif dalam rangka mengatasi masalah sampah, yaitu dibukanya Kampung Kurang Sampah.

“Di setiap wilayah, sampah selalu menjadi masalah. Oleh sebab itu, program ini jangan sampai berhenti di sini. Harus terus ditingkatkan,” harapnya.

Aa Umbara menuturkan Kampung Kurang Sampah ini mengubah sampah yang biasanya jadi masalah berubah menjadi berkah. Sebab, sampah yang ada dilakukan pemilahan dan pengolahan. (Kom-PHT/Bdu/Aep)

Editor : Ywn

Copyright©2020