"Loading..."

Perhutani Bersama Kodim 0704 Salurkan BanSos Pada Warga Terdampak Longsor di Banjarnegara

KEDU SELATAN, PERHUTANI (11/03/2021) | Memasuki Bulan Maret 2021, cuaca ekstrim dengan curah hujan tinggi masih seringkali terjadi. Kondisi ini mengakibatkan masih terdapat kejadian tempat tinggal warga desa yang berada di lokasi rawan terimbas bahaya longsor. Salah satunya menimpa 2 rumah di Desa Pringamba, Kecamatan Sigaluh. Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan bersama Kodim 0704 Banjarnegara meninjau salah satu lokasi desa terdampak longsor yang terjadi pada hari minggu yang lalu dan menyalurkan bantuan sosial kepada warga, Selasa (09/03).

Administratur KPH Kedu Selatan, Komarudin yang didampingi Wakil Administratur Anthonie Alfrits dan Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Banjarnegara Bambang Hariyadi pada saat penyerahan bantuan menyampaikan turut prihatin atas kejadian yang menimpa warga Desa Pringamba. Ia berharap dengan bantuan sembako dari jajaran Perhutani dan Kodim, setidaknya dapat mengurangi beban warga yang tertimpa longsor.

“Semoga kejadian ini menjadi yang terakhir di desa ini dan agar selanjutnya kita tetap selalu hati-hati dan waspada karena cuaca tidak dapat diprediksi, sembari tak lupa selalu memohon doa agar selalu dalam perlindungan Allah,” ujar Komarudin.

Dandim 0704/Banjarnegara, Letkol Sujeidi Faisal pada kesempatan yang sama juga menghimbau agar warga desa selalu waspada bilamana turun hujan tinggi, apalagi melihat lokasi sekitar rumah warga yang berada dekat tebing curam.

“Pada saat curah hujan ekstrim, lebih baik warga mengungsi ke tempat yang lebih aman atau lebih rendah agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan. Dan tetap jangan lupa di situasi seperti ini dengan masih tingginya penyebaran covid-19, agar semua pihak tetap patuh pada protokol kesehatan,” pesannya.

Salah satu penerima bantuan, Karsono dari Dukuh Kaligintung, Desa Pringamba mengucapkan terima kasih atas kepedulian dan bantuan yang telah diberikan Perhutani dan Kodim 0704.

“Kedepan kami akan lebih hati-hati jika curah hujan tinggi datang lagi,” ujar Karsono. (Kom-PHT/Kds/Ken)

Editor : Ywn
Copyright©2021