"Loading..."

Perhutani Bersama Kodim 0815 Mojokerto Tanam 1.200 Bibit Buah-Buahan di Pacet

PASURUAN, PERHUTANI (29/1/2021) | Ditengah pandemi Covid-19, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pasuruan bersama Komando Distrik Militer (Kodim) 0815 Mojokerto dan stakeholder lainnya melakukan kegiatan penanaman pohon di petak 26 wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Kemiri, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan  (BKPH) Pacet, Kamis (28/1).

Bibit pohon yang ditanam sebanyak 1.200 pohon dengan jenis pinus, sengon, klengkeng, durian, pete, nangka dan sirsak. Penanaman dengan tema “Bersama Lestarikan Bumi Indonesia Demi Masa Depan Generasi Penerus Bangsa” itu dihadiri oleh Dandim 0815 Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander, Administratur KPH Pasuruan Ida Jatiyana, serta gabungan TNI/Polri, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Pacet, Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Nganjuk, Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo, LMDH dan anggota Pramuka.

Sebelum penghijauan dilakukan apel bersama bertempat di wisata Obech Pacet. Apel dipimpin langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 0815 Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto. Dalam sambutannya ia menyampaikan, bahwa gerakan penghijauan ini merupakan kecintaan pada lingkungan hidup  dan kepedulian kita semua terhadap bumi yang kita tinggali. “Kita menyadari bahwa hutan berperan sebagai penyangga kehidupan yang sekaligus menyediakan hasil hutan berupa kayu dan non kayu serta penyediaan kebutuhan pangan, ketersediaan oksigen, tempat rekreasi serta konservasi keanekaragaman hayati,” katanya.

Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto berharap kedepan tidak ada penebangan pohon secara liar dan praktek-praktek pemanfaatan lahan yang tidak sesuai peruntukannya yang dapat menyebabkan kerusakan alam, lingkungan yang dapat menyebabkan terjadinya bencana alam berupa  tanah longsor, banjir sehingga dapat merugikan masyarakat.

“Untuk itu mari kita menjaga kelestarian alam dengan bersama-sama masyarakat untuk berperan aktif berupaya membantu Pemerintah Daerah dalam mengurangi dampak kerusakan lingkungan dengan kampanye melaksanakan gerakan penghijauan dan Indonesia Hijau melalui penanaman pohon di lahan-lahan kosong dan gersang,” tegasnya.

Sementara itu Administratur KPH Pasuruan Ida Jatiyanan sangat berterima kasih kepada  semua pihak yang telah memberikan kontribusinya dan peduli turut serta meluangkan waktunya mengikuti kegiatan penanaman pohon yang dilakukan bersama-sama.

“Semoga pohon yang kita tanam ini dapat bermaanfaat bagi seluruh masyarakat, yakni bisa menambah ketersediaan oksigen, nilai ekologi, ekonomi dan kelestarian lingkungan,” pungkasnya. (Kom-PHT/Psu/Dd)

Editor : Ywn

Copyright©2021