"Loading..."

Perhutani Bersama Komunitas Bikers Brotherhood MC Indonesia Tanam Ratusan Bibit Pohon

BANDUNG UTARA, PERHUTANI (04/01/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara bersama Komunitas Motor Bikers Brotherhood MC (BBMC) Indonesia melaksanakan penanaman ratusan pohon di wilayah Palintang petak 43e Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Arcamanik, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Manglayang Barat, Sabtu (02/01).

Acara diikuti oleh kurang lebih 150 peserta termasuk Administratur KPH Bandung Utara Komarudin, Ketua BFEC Ellen Ramlan, Kepala Seksi PSDH Harry Soediana, Danru Polhutan Ade Ruswandi, Asisten Perhutani (Asper) BKPH Manglayang Barat Slamet Maryanto, dan beberapa orang Pendiri BBMC dan Ketua Dewan Adat BBMC.

Menurut Administratur KPH Bandung Utara, Komarudin, penanaman secara simbolis 100 bibit pohon ini terdiri dari berbagai jenis bibit pohon, diantaranya jenis Eucaliptus, Puspa, Alpukat dan Nangka.

“Kami tentu menyambut baik upaya kawan-kawan BBMC dalam melestarikan lingkungan hutan. Terlebih saat ini mereka punya konsep Brotherhood For Ecology and Conservasi (BFEC) sebagai salah satu Divisi dari BBMC. Jadi, tidak hanya kegiatan di jalanan tapi juga kini aktif berperan untuk lingkungan hutan,” katanya.

Komarudin menuturkan selain penanaman pohon, kegiatan kali ini juga diisi dengan safari ke Gunung Kasur dan ke jalur hutan yang masih alami. Di masa pandemi covid-19 ini beraktivitas di hutan sangat baik bagi kesehatan. Sebab, bisa menaikan imun, mendapat oksigen yang melimpah, menurunkan kolesterol, diabetes dan lain sebagainya.

“Dengan adanya pelaksanaan penanaman pohon ini diharapkan kedepan bisa memperbaiki kondisi daerah tangkapan dan sumber mata air di kawasan hutan Manglayang Barat yang sangat berperan bagi kehidupan masyarakat yakni untuk kebutuhan air minum yang sebagian besar berasal dari kawasan hutan. Sepatutnya semua pihak menjaga dengan kegiatan semacam ini,” harapnya.

Sementara itu, Ketua BFEC, Ellen Ramlan mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih atas suksesnya pelaksanaan penanaman bersama. Menurutnya, kegiatan seperti ini merupakan upaya reboisasi hutan lindung terutama karena lokasinya yang dekat sumber mata air.

“Sebelumnya kami juga turut berpartisipasi dalam penanaman pohon di kawasan hutan Bandung Selatan maupun Bandung Utara. Termasuk juga ikut serta dalam program Citarum Harum. Oleh sebab itu, kami berharap kolaborasi yang baik ini bisa terus berlanjut,” paparnya. (K0m-PHT/Bdu/Aep)

Editor : Ywn
Copyright©2021