"Loading..."

Perhutani Bersama Koperasi Tribun II Kopassus Sosialisasi Tanaman Kerjasama di Pemalang

PEMALANG, PERHUTANI (09/11/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pemalang melaksanakan Sosialisasi tanaman kerjasama dengan Koperasi Tribun II Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Kandang Menjangan Solo dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) bertempat di Aula Balai Desa Karangmalang, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal pada Senin (09/11).

Hadir dalam acara tersebut Administratur KPH Pemalang Akhmad Taufik, perwakilan Koperasi Tribun II Kopassus Kandang Menjangan Solo Jendi, Kepala Desa Karangmalang Kholid,  Ketua dan pengurus LMDH Gemi Sari dan LMDH Sri Rejeki.

Sosialisasi kepada LMDH Gemi Lestari Desa Karangmalang dan LMDH Sri Rejeki Desa Margamulya membahas tentang rencana penanaman tanaman Sengon dan buah-buahan seluas 117,8 Ha yang berlokasi di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Karangmalang, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kedungjati.

Dalam sambutannya Administratur KPH Pemalang, Akhmad Taufik menyampaikan bahwa Perhutani mempunyai program tanaman yang telah dikerjasamakan sesuai Naskah PKS tanaman antara Perhutani Pemalang dengan Koperasi Tribun II Kopassus Kandang Menjangan Solo, LMDH Gemi Lestari dan LMDH Sri Rejeki.

“Pola tanaman yang dikerjasamakan sesuai PKS tanaman dengan pola tanaman bersama hutan jaya (Bersahaja) dengan jarak tanaman 5 X 5 meter yang terdiri dari 320 pohon tanaman sengon dan 80 pohon tanaman buah-buahan per Ha, dengan harapan disela-sela antara tanaman kehutanan dan buah-buahan dapat ditanami palawija,” tuturnya.

“Hal ini dilakukan sebagai upaya kita bersama juga tetap melestarikan hijaunya hutan agar sumber air tetap tersedia dengan baik selain keseimbangan ekosistem yang tetap terjaga dan masyarakat sekitar yang sejahtera penuh berkah,“ pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Perwakilan Koperasi Tribun II Kopasus Kandang Menjangan Solo, Jendi menyampaikan atas nama Kopassus juga secara pribadi mengajak masyarakat Desa Karangmalang untuk turut serta bekerjasama dalam proses dari persiapan tanaman, pelaksanaan tanaman dan pemeliharaan hingga pemanenan tanaman sengon dan buah-buahan serta turut menjaga keutuhan hutan di kawasan sesuai Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang telah ditandatangani bersama.

Sosialisasi penanaman tanaman kerjasama antara Perhutani, Koperasi Tribun II Kopassus Kandang Menjangan Solo, LMDH Gemi Lestari dan LMDH Sri Rejeki mendapat respon dan dukungan dari masyarakat Desa Karangmalang sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar. (Kom-PHT/Pml/Eko)

Editor : Ywn

Copyright©2020