"Loading..."

Perhutani Bersama KTH Tanam 900 Bibit Akasia Mangium di Lokasi IPHPS Pemalang

PEMALANG, PERHUTANI (04/03/2021) Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pemalang bertempat di lokasi Ijin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS) Kelompok Tani Hutan (KTH) Gunung Gajah Lestari tepatnya petak 11b2 seluas 11,6 Ha, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Lobongkok, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Cipero melakukan penanaman 900 bibit Akasia Mangium (Accacia mangium), Rabu (03/03).

Penanaman tersebut dihadiri oleh Kepala BKPH Cipero Zaenal Abidin, Kepala Desa Gongseng Saryadi, Ketua KTH Gunung Gajah Lestari Kusnendar, masing-masing beserta jajaran.

Penanaman bibit Akasia Mangium di lokasi IPHPS dilaksanakan dengan pertimbangan wilayah tersebut merupakan sumber mata air tepatnya di blok Gunung Kruwis dan sesuai tahap pengembangan penanaman dalam Rencana Pengelolaan Hutan (RPH) dari KTH Gunung Gajah Lestari.

Administratur KPH Pemalang melalui Kepala BKPH Cipero, Zaenal Abidin dalam kesempatannya menyampaikan bahwa Perhutani selalu bersinergi dengan KTH dan jajaran Pemerintah Desa dalam melaksanakan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan hutan.

“Perhutani selalu mendukung dan mendampingi penanaman bersama dengan harapan agar sumber mata air dapat terjaga, dan tanaman yang tumbuh subur dapat memproduksi udara bersih serta manfaat kelestarian hutan yang terjaga akan dirasakan hingga anak cucu kita,” jelasnya.

Kepala Desa Gongseng Saryadi mewakili masyarakat, berterima kasih pada Perhutani KPH Pemalang yang telah bergabung dan mendampingi dalam penanaman bibit Akasia Mangium di lokasi IPHPS KTH Gunung Gajah Lestari.

Dalam kesempatan yang sama ketua KTH Gunung Gajah Lestari, Kusnendar mengatakan, “Bibit Akasia Mangium ini kami dapat dari Dinas Kehutanan wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Pemali Jratun yang merupakan bibit bantuan untuk penghijauan. Dengan pendampingan dari Perhutani, kami jadi mengerti cara menanam dan perawatan yang benar. Semoga tanaman dapat tumbuh subur, sumber mata air melimpah, dan masyarakat Desa Gongseng makin maju,” harapnya. (Kom-PHT/Pml/Eko)

Editor : Ywn
Copyright©2021