"Loading..."

Perhutani Bersama LMDH Awali Peletakan Batu Pertama Gerbang Wisata Rintisan Buper Peguyangan

PEMALANG, PERHUTANI (11/11/2020) | Perhutani  Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pemalang melaksanakan tasyakuran dan peletakkan batu pondasi gerbang Wisata Rintisan Bumi Perkemahan (Buper) Peguyangan yang berada di petak 53, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Klapanunggal, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Bantarsari, yang masuk pangkuan wilayah Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sejahtera, Rabu (11/11).

Hadir dalam acara tersebut Administratur KPH Pemalang Akhmad Taufik, Ketua Penyuluh Kehutanan wilayah Cabang Dinas Kehutanan (CDK) V Tegal Sudirman, Bendahara Lembaga Pengembangan Masyarakat Desa dan Pelindungan Hutan (LPMDPH) Bambang S., Kepala Desa Kebongede Muhammad Nurul Yasin, Kepala Desa Peguyangan Harsono, Ketua LMDH Sejahtera Wahidin, dan Ketua LMDH Pertapan Jaya Nurohim.

Administratur KPH Pemalang, Akhmad Taufik dalam kesempatannya menyampaikan bahwa Perhutani KPH Pemalang mendukung sepenuhnya pembangunan Wisata Rintisan Buper Peguyangan yang telah dikerjasamakan sesuai Naskah Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang nanti pengelolaannya melibatkan masyarakat Desa Peguyangan, Desa Kebongede serta menggandeng beberapa pihak yang terlibat dalam pengembangan. “Semoga kerjasama ini memberi kontribusi pada peningkatan ekonomi desa sekitar dengan tetap menjaga kelestarian hutan,” ujarnya.

Ketua Penyuluh Kehutanan CDK V, Tegal Sudirman mengatakan bahwa atas nama instansi yang juga ikut mengambil peran dalam mengembangan Buper Peguyangan, kami mendukung rencana wisata ini dan akan segera malakukan penanaman tanaman langka sebagai arboretum serta tanaman sere wangi seluas 2 Ha di lokasi tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Kebongede Muhammad Nurul Yasin menyampaikan bahwa masyarakat Desa Kebongede turut serta mendukung pelaksanakan Buper Peguyangan lewat Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dengan telah menganggarkan pembangungan Buper Peguyangan periode tahun 2021 untuk kemajuan Buper dan kesejahteraan masyarakat desa sekitar. (Kom-PHT/Pml/Eko)

Editor : Ywn

Copyright©2020