"Loading..."

Perhutani Bersama LMDH Kembangkan Wisata Rintisan Taman Bukit Pariuk Nangkub Banten

BANTEN, PERHUTANI (13/01/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banten bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Pelangi yang telah memiliki SK Pengakuan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) menggelar rapat pembahasan kerjasama pengembangan Wisata Rintisan Taman Bukit Pariuk Nangkub, bertempat di Kantor KPH Banten pada Selasa (12/01).

Obyek lokasi yang akan dikerjasamakan seluas 2,70 Ha terletak di petak 10b, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Talialas, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sobang, administratif Desa Katumbiri, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Hadir dalam acara tersebut Administratur KPH Banten Noor Rochman, Wakil Administratur Banten Barat Agus Soleh serta segenap Kepala Seksi (Kasi), Junior Manager Bisnis (JMB) dan Ketua LMDH Pelangi Oboy beserta anggota.

Administratur KPH Banten, Noor Rochman menyampaikan maksud dan tujuan kerjasama ini adalah dalam rangka menunjang keberhasilan kelestarian hutan melalui partisipasi dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan serta meningkatkan daya dukung lahan yang menjadi objek kerjasama untuk memperoleh hasil dan manfaat yang optimal bagi perusahaan dan masyarakat, dan juga terjaminnya fungsi dan manfaat kawasan hutan dalam memenuhi aspek ekologi, sosial dan ekonomi bagi perusahaan dan masyarakat.

“Lokasi wisata ini segera usulkan ke Divisi Regional Jawa Barat dan Banten untuk ditetapkan menjadi wisata rintisan, dan juga Tim Pengembangan Wisata KPH Banten supaya menyiapkan data-data terkait Wisata Taman Bukit Pariuk Nangkub, cek ke lapangan, dokumentasi dan peta lokasi sebagai bahan usulan,” ujarnya.

Noor Rochman juga berharap bahwa dengan kerjasama tersebut dapat meningkatkan pendapatan Perhutani dan juga masyarakat.

“Semoga kerjasama ini akan meningkatkan  pendapatan Perhutani sebagai BUMN, dan juga dapat meningkatkan pendapatan LMDH yang akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat sekitar hutan. Kami berharap hak dan kewajiban para pihak disepakati bersama,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua LMDH Pelangi, Oboy menyampaikan ucapan terima kasih dan harapannya kepada Perhutani atas kesempatan untuk bekerjasama dalam pengembangan potensi wisata yang ada di wilayah kerja Perhutani KPH Banten.

“Kami siap mengikuti prosedur kerjasama yang telah ditetapkan Perhutani, semoga langkah awal kerjasama ini berjalan lancar dan saling menguntungkan kedua belah pihak,” ungkapnya. (Kom-PHT/Btn/AJB)

Editor : Ywn

Copyright©2021