"Loading..."

Perhutani Bersama LMDH Panen Raya Jagung di Kawasan Hutan Saradan

SARADAN, PERHUTANI (4/3/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Karya Usaha Desa Bobol dan Kelompok Pengelola Sumber Daya Hutan (KMPSDH) Wono Lestari Desa Bareng Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro melakukan Panen Raya Jagung di petak 50 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sumbergaleh, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kaliklampok, Rabu (3/3).

Panen raya tersebut dihadiri oleh Administratur KPH Saradan yang diwakili oleh Asper BKPH Kaliklampok Erjefry, Babinsa Sajab, Bhabinkamtibmas Desa Bareng Eko Purwanto, Ketua LMDH Karya Usaha Salim, Ketua KMPSDH Wono Lestari Desa Bareng Sirin beserta kelompok dan anggotanya.

Secara terpisah Administratur Perhutani KPH Saradan Bambang Cahyo Purnomo mengatakan jika Perhutani sangat mendukung Pemerintah dalam program ketahanan pangan dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan melalui kegiatan agroforestry jagung. “Di wilayah KPH Saradan, kami memberdayakan 42 LMDH yang melibatkan anggota sebanyak 14.361 Kepala Keluarga (KK),” ujarnya.

“Kegiatan panen panen raya jagung yang berlangsung ini membuktikan bahwa Perhutani bersama LMDH mampu memberikan kontribusi pendapatan kepada masyarakat serta menjadi wujud peran aktif dalam program ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah. Kita akan terus meningkatkan kerja sama dengan berbagai stakeholder baik LMDH maupun instansi Pemerintah terkait agar peningkatan produksi jagung bisa tercapai dengan optimal sehingga bisa mendukung program pemerintah dalam mengurangi impor jagung”, tambah Bambang.

Sementara Ketua MKPSDH Wono Lestari Desa Bareng Sirin sebagai mitra kerja Perhutani mengaku senang dengan bantuan dan fasilitas dari Perhutani KPH Saradan dalam upaya membantu masyarakat dalam meningkatkan produktivitas komoditi jagung di Kabupaten Bojonegoro, dengan kegiatan Pemanfaatan Lahan Dibawah Tegakan (PLDT) antara Perhutani dengan masyarakat sekitar hutan. (Kom-PHT/Srd/Swn)

Editor : Ywn

Copyright©2021