"Loading..."

Perhutani Bersama LMDH Perbaiki Jalan Akses Angkutan Tebangan di Saradan

SARADAN, PERHUTANI (06/4/2019) | Petugas Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan bersama 150 orang anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jati Mulyo Desa Klumutan Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun melakukan kerja bakti untuk perbaikan jalan sepanjang tiga kilometer tepatnya pada ‘Alur A’ petak 134 wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Tulung Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Tulung dan petak 9 RPH Klumutan BKPH Petung, Sabtu (6/4).

Perbaikan jalan tersebut berupa pengerasan badan jalan dengan bahan material pasir dan batu sehingga badan jalan yang awalnya becek jika turun hujan, setelah perbaikan dapat dilewati kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat dengan lancar.

Di tempat terpisah Administratur Perhutani KPH Saradan Noor Rochman menyampaikan kegiatan tersebut merupakan sinergitas dan kerjasama antara Perhutani dan LMDH. Perhutani sangat mendukung dan memberikan apresiasi kepada segenap anggota LMDH juga jajaran petugas Perhutani yang telah melakukan kerja bakti perbaikan ‘Alur A’ yang merupakan satu-satunya akses untuk kegiatan angkutan tebangan dari RPH Tulung BKPH Tulung.

Menurut dia kerjasama ini perlu ditingkatkan agar kegiatan proses produksi  di KPH Saradan dapat berjalan lancar. “Bila kegiatan produksi lancar kita akan mampu memenuhi target produksi kayu kita, dan jika target produksi kayu tercapai otomatis masyarakat sekitar hutan yang tergabung dalam LMDH dapat menikmati hasinya dari sharing produksi kayu tersebut”, imbuh Noor Rochman.

Ketua LMDH Jati Mulyo Sutikno mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari semua anggota LMDH Jati Mulyo untuk ikut serta mambantu kegiatan pekerjaan yang ada di Perhutani. Menurut dia diperbaikinya ‘Alur A’ ini bertujuan untuk mempermudah akses jalan angkutan tebangan dari RPH Tulung BKPH Tulung menuju ke TPK Saradan dan juga untuk mempermudah petani dari anggota LMDH Jati Mulyo dalam mengangkut hasil panennya sampai kerumah. (Kom-PHT/Srd/Swn)

Editor : Ywn

Copyright©2019