"Loading..."

Perhutani Bersama LMDH Tanam Ratusan Bibit Durian dan Alpukat di Wisata Rintisan Agro

PEMALANG, PERHUTANI (01/03/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pemalang bertempat di petak 133a1 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Paduraksa, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Slarang melaksanakan penanaman bibit Durian dan Alpokat bersama pengurus Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Lestari Desa Pegongsoran. Penanaman bibit buah tersebut menjadi penanaman tahap I di lokasi Rintisan Wisata Agro seluas 11,6 Ha, Senin (01/03).

Sebanyak 300 bibit Durian dan 300 bibit Alpokat ditanam di lahan yang merupakan kerja sama antara Perhutani KPH Pemalang, LMDH Lestari Desa Pegongsoran dan Investor.

Hadir dalam acara, Kepala BKPH Slarang Rudi Wahyudi, Kepala Desa Pegongsoran Turitno, Ketua LMDH Lestari Desa Pegongsoran Sukarno, Investor penanam modal tanaman buah-buahan Taufik, serta para pesanggem.

Administratur KPH Pemalang, Akhmad Taufik di tempat berbeda menyatakan bahwa Perhutani KPH Pemalang selalu bersinergi dengan LMDH Lestari dan pihak investor untuk terwujudnya Rintisan Wisata Agroforestri di petak 133a1.

“Dengan diawali penanaman bibit durian dan alpokat di tahap ke I diawal tahun 2021 ini, semoga dapat menjaga kelestarian hutan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan,“ tuturnya.

Ketua LMDH Lestari Desa Pegongsoran, Sukarno dalam kesempatannya menyampaikan ucapan terima kasih atas terwujudnya penanaman bibit buah durian dan alpokat ini kepada Perhutani KPH Pemalang dan Investor di petak 133a1.

“Kegiatan hari ini melibatkan para penggarap atau pesanggem diantaranya pemasangan acir, pembuatan lubang dan penanamannya. Kami atas nama masyarakat Desa Pegongsoran sangat mendukung terwujudnya rintisan wisata agro di petak 133a1. Semoga terlaksana dengan lancar dan barokah,“ imbuhnya.

Selaku investor, Taufik menyatakan pihaknya siap menyediakan bibit durian dan alpokat masing-masing 300 batang dan tahap berikutnya sesuai kebutuhan di lapangan.

“Mudah-mudahan dengan dukungan dan kerja sama yang baik, kedepan hal ini dapat memajukan masyarakat desa Pegongsoran dan segenap pihak yang terlibat,” ujarnya. (Kom-PHT/Pml/Eko)

Editor : Ywn
Copyright©2021