"Loading..."

Perhutani Bersama LMDH Tandatangani PKS Agroforestry Di Indramayu

INDRAMAYU, PERHUTANI (04/02/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Indramayu melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Agroforestry dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang berada di wilayah kerja KPH Indramayu, Bertempat di Kantor KPH Indramayu pada Rabu (03/02).

Acara tersebut dihadiri oleh Administratur KPH Indramayu, Asep Saepudin beserta jajaran dan segenap Ketua LMDH lingkup KPH Indramayu. Penandatanganan PKS Agroforestry dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan kerjasama di lahan seluas 9.297  hektar dengan 27 LMDH, yang beranggotakan 9.078 orang, berupa tanaman tumpang sari jenis komoditi padi, garam dan ikan bandeng.

Asep Saepudin menyampaikan bahwa dengan adanya Perjanjian Kerja Sama ini dapat memberikan manfaat kepada semua pihak dan terus bersinergi saling menjalin komunikasi yang baik, sehingga yang diharapkan bersama bisa tercapai untuk meningkatkan penghasilan dan menjaga hutan tetap lestari.

“Perhutani mengakomodir masyarakat melalui LMDH atas usaha-usaha yang dilakukan dalam memanfaatkan lahan di kawasan hutan, tujuannya memberikan kesempatan kepada masyarakat dalam rangka mendapatkan hasil usaha di kawasan hutan, misalnya untuk usaha tanaman herbal yang sekarang oleh Perhutani akan terus dikembangkan, dan kedepannya akan tetap melibatkan masyarakat desa sekitar hutan. Mudah-mudahan PKS tahun ini bisa berjalan dengan lancar dan mendapatkan barokah juga diridhoi oleh Allah SWT,’’ kata Asep.

Asep juga berharap apa yang sudah diamanatkan Perhutani kepada masyarakat penggarap agar tidak dialihkan kepada pihak lain, karena tujuan Perhutani ingin membantu memberikan penghasilan tambahan kepada masyarakat. Dampak dari penyalahgunaan garapan akan mengakibatkan banyak penggarap dari luar desa hutan bahkan luar daerah Indramayu yang nantinya melakukan usaha di dalam kawasan hutan.

Sementara itu Ketua LMDH Wana Bhakti Lestari, Karwita mewakili LMDH menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perhutani KPH Indramayu yang telah memberikan kepercayaan kepada seluruh LMDH yang ada di Indramayu.

“Dengan adanya kerjasama agroforestry ini, semoga bisa meningkatkan penghasilan LMDH dan Perhutani, serta tetap bisa menjaga amanah sehingga hutan tetap lestari,” pungkasnya. (Kom-PHT/Idr/SH).

Editor : Ywn
Copyright©2021