"Loading..."

Perhutani Bersama LMDH Wana Karya Tanam Bibit Gamal di Mantingan

MANTINGAN, PERHUTANI (14/12/2020) | Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mantingan bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Karya menanam Gliricidia Sepium (Gamal) di lahan seluas 9,04 hektar di Petak 63 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Blebak, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Demaan, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang pada Senin (14/12).

Hadir dalam kegiatan, Kepala BKPH Demaan Rusmanto, Ketua LMDH Wana Karya desa Panohan Sutrisno, dan perwakilan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pendamping Perhutani dari Yayasan Karya Alam Lestari (Kalal) Isnina Sakdiyah.

Adminsitratur KPH Mantingan melalui Kepala BKPH Demaan, Rusmanto menyampaikan harapannya bahwa tanaman Gamal bisa dikawal hingga masa panen. Ia juga menambahkan bahwa Gamal menjadi tanaman alternatif selain tanaman Jati, Mahoni maupun Sonokeling yang akhir-akhir ini juga naik daun. Dengan demikian, LMDH Wana Karya juga bisa mendapatkan sharing dari tanaman Gamal tanpa harus menunggu sampai puluhan tahun seperti tanaman Jati maupun Mahoni..

“Paling lama lima tahun mendatang tanaman Gamal sudah bisa dipanen,” ujarnya.

Sementara itu Ketua LMDH Wana Karya desa Panohan, Sutrisno mengapresiasi KPH Mantingan yang telah menyediakan bibit Gamal. Ia juga telah berpesan kepada seluruh anggota penggarap yang ada di pangkuan desa Panohan untuk dapat mensukseskan tamanan yang telah diprogramkan oleh Perhutani.

“Sebagai mitra Perhutani kami tetap ikut serta dalam menjaga kelestarian hutan di KPH Mantingan, karena ini merupakan tanggungjawab bersama,“ ungkapnya.

Ketua LSM Pendamping Perhutani dari Yayasan Karya Alam Lestari (Kalal), Isnina Sakdiyah sependapat dengan arahan Perhutani bahwa skema kerjasama antara Perhutani dengan LMDH harus diperkuat lagi agar pangkuan petak-petak kawasan hutan di RPH Blebak ini tetap menjadi garapan masyarakat desa Panohan.

“Semoga tidak ada upaya pindahtangan pada orang di luar desa Panohan, apalagi masyarakat desa Panohan sudah mengajukan Pengakuan Perlindungan Kemitraan dan Kehutanan (Kulin KK) Perhutanan Sosial,” pungkasnya. (Kom-PHT/Mnt/Sgt)

Editor : Ywn

Copyright©2020