"Loading..."

Perhutani Bersama Masyarakat Bersihkan Material Longsor di Tasikmalaya

TASIKMALAYA, PERHUTANI (16/10/2020) | Anggota Polisi Hutan (Polhut) Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya bersama petugas lapangan, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Setiawaras dan masyarakat bergotong-royong dalam kerja bakti membersihkan material bekas longsor yang menimbun badan jalan yang menghubungkan beberapa desa yaitu Desa Cisempur, Desa Sukawangun wilayah Cikatomas. Longsor tersebut terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Tasikmalaya dan sekitarnya, Rabu (14/10).

Di tempat terpisah Administratur KPH Tasikmalaya, Benny Suko Triatmoko mengatakan bahwa kegiatan membersihkan material dan pohon-pohon tumbang bekas longsor tersebut merupakan bentuk kepedulian dan rasa tanggungjawab Perhutani dalam upaya memulihkan ruas jalan yang sangat penting untuk aksesibilitas masyarakat sehingga dapat kembali dilalui oleh kendaraan. Benny berpesan agar masyarakat yang berdekatan dengan lokasi rawan longsor di musim penghujan dan cuaca sangat ekstrim untuk selalu berhati-hati dan waspada.

Selain membersihkan bekas material longsor dan memperbaiki objek vital seperti jalan serta rumah, Perhutani mendirikan Posko Siaga Bencana di 5 Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) yaitu BKPH Tasikmalaya, Singaparna, Taraju, Karangnunggal dan Cikatomas.

Kegiatan ini mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat. Tokoh masyarakat Batulawang, Karso mengucapkan terima kasih kepada Perhutani yang telah peduli kepada warga dengan turun langsung untuk membantu membersihkan material dan pohon akibat longsor yang telah menutup badan jalan sehingga bisa dilalui kembali. (Kom-PHT/Tsk/UWA)

Editor : Ywn

Copyright©2020