"Loading..."

Perhutani Bersama P3S Ajak Elemen Masyarakat Tanam 1.000 Pohon Mangrove di Pulau Sepanjang Madura

MADURA, PERHUTANI (22/2/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madura bersama Persatuan Pemuda Peduli Sepanjang (P3S), Pemerintah Desa Sepanjang dan siswa sekolah mengadakan penanaman mangrove sebanyak 1.000 pohon di pesisir pantai selatan di luar kawasan hutan Desa Sepanjang Kecamatan Sapeken Kabupaten Sumenep, Minggu (21/02).

Hadir pada kegiatan tersebut Asisten Perhutani Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sepanjang Sarihol, Ketua P3S Zainal Muttakin, Kepala Desa Sepanjang Hairil dan Siswa siswi SMA Darus Salam dan SMP Al Ihsan.

Dalam arahannya Administratur KPH Madura melalui Asisten Perhutani BKPH Sepanjang Sarihol menyampaikan jika penanaman tersebut merupakan wujud kepedulian Perhutani terhadap tanaman mangrove. “Sepanjang merupakan kepulauan yang dikelilingi oleh laut yang didomininasi tumbuhan mangrove dengan adaptasi yang luar biasa akarnya, hutan mangrove sendiri memiliki peran yang sangat penting dan fungsinya yang sangat baik secara langsung maupun tidak langsung bagi lingkungan sekitar khususnya bagi penduduk pesisir pantai untuk mencegah intrusi air laut,erosi dan abrasi pantai, “ jelasnya.

Di tempat yang sama Ketua P3S Zainal Muttakin menyampaikan terima kasih kepada Perhutani yang telah mengajak bekerjasama dalam kegiatan penanaman di pulau Sepanjang.  “Saya berharap setelah penanaman  dapat dilanjutkan dengan merawat dan menjaganya bersama sama, dikarenanakan hutan mangrove dapat memproteksi bangunan dan tanaman pertanian dari kerusakan akibat terjangan badai atau angin yang bermuatan garam melalui proses filtrasi,” ungkapnya. (Kom-Pht/Mdr/Mbl)

Editor : Ywn

Copyright©2021