"Loading..."

Perhutani bersama Pemdes Bodag Madiun Hijaukan Kawasan Sumber Mata Air

MADIUN, PERHUTANI (8/1/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madiun bersinergi dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Bodag Kecamatan Kare Kabupaten Madiun menggelar kegiatan penanaman bersama di lokasi Kawasan Perlindungan Setempat (KPS) seluas 1 hektar yang merupakan sumber mata air ketheng di petak 36 wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Malang, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Brumbun, Jum’at (8/1).

Dalam penanaman tersebut bibit berbagai jenis pohon diantaranya  jenis beringin, aren, duwet, kesambi, nyamplung tersebut juga diikuti oleh pengurus Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sriwilis Desa Bodag, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa setempat.

Mewakili Administratur KPH Madiun Aruna Edi Mukaris selaku Asisten Perhutani (Asper) Brumbun mengatakan, bahwa Penghijauan dengan pengkayaan tanaman ini diharapkan bisa meningkatkan debit sumber mata air terutama di musim kemarau.

“Semoga nantinya tanaman bisa tumbuh subur sehingga akan memberikan dampak yang positif, baik bagi Perhutani maupun masyarakat desa hutan dan terutama terhadap kelestarian lingkungan,” tandas Aruna.

Sementara Kepala Desa Bodag Dangkung menyatakan, bahwa pihaknya memberikan apresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Perhutani, unsur LMDH dan masyarakat Desa Bodag yang berinisiatif menyelenggarakan kegiatan penanaman bersama di lokasi sumber mata air Ketheng.

“Saya berharap dengan adanya penanaman ini, kedepan dapat menjaga kelestarian hutan supaya bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya resap air di kawasan tersebut, sehingga pada musim kemarau mata air masih tetap mengalir untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat setempat,” ujar Dangkung. (Kom-PHT/Mdn/Yud)

Editor : Ywn

Copyright©2021