"Loading..."

Perhutani Bersama Pemdes dan LMDH Tanam Bibit Kayu Putih Seluas 30 Hektar di Jember

JEMBER, PERHUTANI (31/1/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jember bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Lampeji Saka Wana Desa Lampeji Kabupaten Jember melakukan penanaman bibit pohon kayu putih di petak 45c seluas 30 hektar di wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Mumbulsari, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Mayang, Sabtu (30/12).

Kegiatan penanaman tersebut memanfaatkan musim hujan yang masih ada dalam kawasan hutan guna mendukung konservasi sumber daya hutan.

Dalam sambutannya, Administratur Perhutani Jember Rukman Supriatna menjelaskan bahwa tanaman kayu putih ini adalah solusi untuk mereboisasi kawasan hutan khususnya wilayah RPH Mumbulsari, RPH Seputih dan RPH Pace, katanya.

Menurut Rukman tanaman kayu putih ini akan mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat desa hutan karena pada usia tanaman mencapai 9 bulan daunnya sudah dapat dipanen untuk disuling menjadi minyak kayu putih.

Pada kesempatan yang sama Ketua LMDH Lampeji Saka Wana, Edy Mulyono mengatakan bahwa penanaman bersama yang didampingi Kepala Desa Lampeji ini berharap tanaman kayu putih ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, “Selain itu tentunya untuk mendukung kelestarian hutan,” ujarnya.

Sementara Kepala Desa Lampeji Ary Wahyudi menjelaskan terkait dengan tanaman kayu putih, “Sebenarnya tanaman kayu putih ini sudah lama diinginkan oleh masyarakat, dengan harapan tanaman tersebut nantinya dapat memberikan tambahan penghasilan dari hasil petik daun,” ujarnya. (Kom-PHT/Jbr/As)

Editor : Ywn

Copyright©2021