"Loading..."

Perhutani Bersama Pemkab Lumajang Reboisasi Bumi Perkemahan Glagah Arum di Senduro

PROBOLINGGO, PERHUTANI (04/11/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Probolinggo bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang melakukan penanaman bibit pohon sebanyak 1.000 plances di Bumi Perkemahan (Buper) Glagah Arum Senduro Lumajang, Minggu (1/11).

Kegiatan penanaman sekaligus mereboisasi kawasan hutan di wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Ranu Pane, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Senduro yang secara administratif masuk Desa Kandang Tepus, Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang tersebut di ikuti oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Lumajang beserta ormas kepemudaan antara lain Karang Taruna, Komunitas Pecinta Alam dan Lingkungan dan Pemuda Pancasila.

Administratur KPH Probolinggo Imam Suyuti saat dikonfirmasi di tempat lain mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari kerjasama pengelolaan Buper Glagah Arum antara Perhutani dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Lumajang.

“Perhutani menyediakan sebanyak 1.000 bibit pohon antara lain jenis damar dan mahoni untuk ditanam di areal seluas 12,4 hektar tersebut. Waktu tanam sudah tepat karena sudah diawali dengan hujan sebelumnya,” ujarn Imam.

Bupati Lumajang Toriqul Haq yang hadir pada acara tersebut usai acara ia berpesan agar Bumi Perkemahan Glagah Arum ini agar betul-betul dapat dioptimalkan, “Karena ini satu-satunya Buper yang ada di Kabupaten Lumajang bahkan menjadi yang terbesar di Jawa Timur,” katanya.

“Kita mulai dengan penghijauan ini agar suasana menjadi rindang dan sejuk sehingga pada waktu ada kegiatan di areal Buper akan terasa nyaman dan dapat menikmati keindahan alam,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Lumajang  Indah Amperawati mengatakan, bahwa kegiatan reboisasi ini merupakan awal dari Perjanjian Kerja Sama pengelolaan Buper Glagah Arum antara Perhutani KPH Probolinggo dengan Kwarcab Pramuka Lumajang.

Indah Amperawati yang juga menjabat sebagai Wakil Walikota Lumajang tersebut, akan berupaya secara optimal mengembangkan Buper Glagah Arum agar dapat menjadi tempat  untuk kegiatan generasi muda khususnya anggota gerakan pramuka di Kabupaten Lumajang. (Kom-PHT/Pbo/HH)

Editor : Ywn

Copyright©2020