"Loading..."

Perhutani Bersama Polres Purworejo Gelar Pelatihan Kompetensi Polisi Hutan

KEDU SELATAN, PERHUTANI (06/04/2021) | Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan mengadakan pelatihan kompetensi polisi hutan di auditorium Kantor Kepolisian Resort (Polres) Purworejo. Diikuti kurang lebih 100 orang yang terdiri dari jajaran Polisi Hutan, Kepala Resort Pemangkuan Hutan (KRPH) dan Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (KBKPH wilayah Kedu Selatan, peserta menerima materi terkait penanganan dan kebijakan perlindungan Sumber Daya Hutan (SDH), Selasa (06/04).

Hadir dalam acara, Kepala Seksi Perlindungan SDH Divisi Regional Jawa Tengah Weda Panji, Administratur KPH Kedu Selatan Komarudin, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Purworejo AKBP Rizal Marito, Wakapolres Purworejo Kompol Asep Supriyanto, serta Perwira Pembina (Pabin) Jagawana Kedu Selatan Kompol Rusdiyono.

Kepala Seksi Perlindungan SDH Divre Jateng, Weda Panji yang hadir sebagai salah satu nara sumber memberikan materi tentang penanganan dan kebijakan perlindungan Sumber Daya Hutan. Materi ini diperlukan anggota polisi hutan agar dapat mengerti dan paham bagaimana penanganan serta dasar-dasar pelaksanaan tugasnya.

Administratur KPH Kedu Selatan, Komarudin dalam sambutannya mengatakan bahwa pencegahan dan pengendalian gangguan keamanan menjadi tanggung jawab bersama.

“Mulai dari pemerintah, instansi-instansi sampai seluruh masyarakat. Kita semua hendaknya selalu siap siaga terhadap kemungkinan terjadinya gangguan keamanan baik yang disebabkan oleh faktor alam maupun non alam,” ujarnya.

Lebih lanjut Komarudin menambahkan bahwa gangguan keamanan yang terjadi dihutan, berakibat rusaknya ekosistem hutan yang akan memberikan dampak lanjutan yakni ketidakseimbangan ekosistem nasional maupun global. Maka sangat tepat jika pada kesempatan ini Perhutani bersama Polres Purworejo memberikan pelatihan dan penyegaran kompetensi Polhut. Diharapkan usai kegiatan ini anggota Polhut lebih terampil dalam mengatasi masalah yang terjadi di wilayahnya. Ia berpesan agar dalam upaya mencegah dan mengendalikan keamanan hutan ditempuh dengan pendekatan sosial atau pendekatan humanisme.

Kapolres Purworejo, AKBP Rizal Marito yang diwakili oleh Wakapolres Purworejo, Kompol Asep Supriyanto menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat tepat dalam upaya meminimalisir bencana alam. Diharapkan keterampilan anggota polisi hutan akan semakin baik, sehingga sudah siap dan siaga jika sewaktu-waktu terjadi bencana atau gangguan keamanan hutan. (Kom-PHT/Kds/Rwi)

Editor : Ywn
Copyright©2021