"Loading..."

Perhutani bersama PT Alam Tani Berikan Pembinaan kepada LMDH Guna Tingkatkan Produksi Jagung

SARADAN, PERHUTANI (16/04/2020) | Guna meningkatkan produksi jagung melalui kegiatan agroforestry, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan menggandeng PT Alam Tani melakukan pembinaan terhadap Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) agar dapat meningkatkan produksi jagungnya yang dilaksanakan di petak 12d Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Kaligunting Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Jatiketok Utara Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan, Rabu (15/04).

Administratur KPH Saradan, Noor Rochman mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan perusahaan dari Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) khususnya sektor Agroforestry. “Kita menggandeng PT Alam Tani untuk melakukan pembinaan LMDH agar mereka dapat lebih mengoptimalkan produksi jagungnya, karena dengan meningkatnya hasil komoditi tersebut, maka akan meningkat pula kesejahteraan masyarakat sekitar hutan,” kata Noor Rochman.

Di tempat yang sama Direktur PT Alam Tani, Didi mengatakan jika pihaknya bekerjasama dengan Perhutani untuk mendukung LMDH dalam usaha untuk meningkatkan produktivitas komoditi jagung. “Kita akan membantu LMDH dalam hal penyediaan bibit jagung, pupuk, obat-obatan, memfasilitasi untuk mendapatkan pinjaman KUR dari Bank dan akan membantu dalam hal pemasarannya,” jelas Didi.

Sementara Ketua LMDH Sumber Tani Desa Kaligunting Kecamatan Mejayan, Choiri mengaku senang dengan adanya upaya Perhutani dan PT Alam Tani untuk melakukan pembinaan kepada LMDH. “Dengan adanya pembinaan serta pendampingan dari Perhutani dan PT Alam Tani kedepan kami tidak perlu repot lagi untuk mendapatkan benih, obat-obatan, biaya serta pemasaran komoditi jagung dimasa pasca panen,” ujar Choiri. (Kom-PHT/Srd/Swn)

Editor : Ywn

Copyright©2020