"Loading..."

Perhutani Bersama Sekretariat Jenderal Kemenhan RI Koordinasi Program Ketahanan Pangan

SEMARANG, PERHUTANI (29/8/2020) | Perhutani Divisi Regional (Divre) Jawa Tengah menerima utusan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI dalam rangka koordinasi program Ketahanan Pangan bertempat di Ruang Kerja Kepala Perhutani Divre Jateng, Kamis (27/8).

Kepala Perhutani Divre Jateng, Endung Trihartaka didampingi Kepala Departemen Pengelolaan Sumberdaya Hutan dan Perhutanan Sosial (PSDHPS) Henry Purnomo bersama Petugas Sekjen Kemenhan RI Kolonel Tri Wahyu membahas kerjasama program Ketahanan Pangan di kawasan hutan Perhutani dengan berbagai komoditas jenis tanaman pangan.

Endung Trihartaka menyambut baik kerjasama tersebut dan menyatakan siap mendukung program pemerintah RI dalam hal ini ketahanan pangan yang dikoordinir oleh Kemenhan.

“Dari kawasan hutan Perhutani, setiap tahunnya menghasilkan beribu-ribu ton bahan pangan  seperti jagung, ketela, padi dan produk komoditas pangan lainnya. Perhutani memberikan ruang bagi para penggarap lahan di hutan untuk menanam tanaman semusim di sela-sela atau di bawah tegakan hutan,” jelas Endung.

Kolonel Tri Wahyu menyampaikan bahwa Ketahanan Pangan yang kuat akan menjadi faktor utama pendukung ketahanan dan keamanan suatu negara.

“Kementerian Pertahanan mendapat tugas untuk mengurus masalah Ketahanan Pangan bekerjasama dengan segenap stakeholder terkait termasuk Perhutani yang mengelola kawasan hutan yang luas dan bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan produk pangan untuk menunjang ketahanan dan keamanan negara RI,” ujarnya.

Kerjasama kedua belah pihak akan segera ditindaklanjuti dengan perencanaan dan pemilihan lahan di kawasan hutan dan penetapan para penggarap sebagai anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang harus dilibatkan dalam program Ketahanan Pangan tersebut. (Kom-PHT/DivJateng/Cia)

Editor : Ywn

Copyright©2020