"Loading..."

Perhutani Bersama Stakeholder Lakukan Gerakan Tanam Pohon di Blok Sungai Cihanjaro, Kuningan

KUNINGAN, PERHUTANI, (20/11/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kuningan bersama stakeholder melakukan kegiatan penanaman pohon di sekitar blok sungai Cihanjaro petak 34a Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cileuya, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Cibingbin, Kamis (19/11). Jenis pohon yang ditanam yaitu mahoni, johar, kihiyang, dan mindi.

Acara tersebut dihadiri oleh Administratur KPH Kuningan Mamun Mulyadi beserta jajaran, Forum Anak Daerah Kabupaten Kuningan sebanyak 21 orang, Pramuka Saka Wanabakti 40 orang, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wanaraya, LMDH Palikeun Sakti Cihanjaro, dan Kelompok Tani Hutan (KTH) Cileuya sebanyak 25 orang, serta masyarakat desa sekitar hutan Cileuya 25 orang.

Dalam paparannya Administratur KPH Kuningan, Mamun Mulyadi menjelaskan bahwa kegiatan penanaman tersebut dilakukan bertepatan dengan datangnya musim penghujan. Penghijauan kembali kawasan yang kondisinya kurang baik dengan kegiatan penanaman diharapkan dapat mencegah terjadinya bencana alam seperti tanah longsor, banjir, dan lainnya.

“Aksi menanam ini merupakan salah satu gerakan penghijauan yang telah dicanangkan Pemerintah. Diharapkan masyarakat sadar bahwa dengan menghijaukan hutan dan melestarikannya, hutan bisa memberi manfaat untuk mencegah terjadinya bencana alam,” ujarnya.

Sementara itu perwakilan dari Forum Anak Daerah Kabupaten Kuningan, Muchlis menyatakan bahwa kegiatan penanaman pohon di kawasan hutan ini merupakan bentuk kepedulian mereka sebagai anak-anak daerah khususnya Kabupaten Kuningan untuk ikut menghijaukan dan melestarikan hutan.

“Semoga pohon yang kita tanam ada manfaat bagi manusia dan mahluk hidup lainnya serta mencegah terjadinya¬† bencana alam seperti longsor dan banjir. Semoga dengan penanaman pohon, kawasan hutan menjadi teduh, sejuk dan segar,” tandasnya. (Kom-PHT/Kng/Dd)

Editor : Ywn
Copyright©2020