"Loading..."

Perhutani Bersama Stakeholder Lakukan Penanaman Di Sumber Mata Air Cipanjalu Manglayang Barat

BANDUNG UTARA, PERHUTANI (17/02/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara bersama stakeholder menggelar aksi menanam pohon di kawasan hutan Petak 57 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Arcamanik dan Petak 41 RPH Ujungberung, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Manglayang Barat, Minggu (14/02).

Hadir dalam acara tersebut Asisten Perhutani (Asper) BKPH Manglayang Barat, Slamet Maryantho beserta jajaran, Perwira Pembina (Pabin) Polhutmob, Anton, Kepala Bidang (Kabid) Konservasi Windya bersama jajaran, Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM), Muhktar Efendi beserta jajaran, Camat Cilengkrang, Edi Kusnadi, Kepala Desa Cipanjalu, Wawan, Ketua Badega Lingkungan Kabupaten Bandung, Budi Yuhanda, Tokoh Masyarakat, Amin dan Nanang.

Di tempat terpisah Administratur KPH Bandung Utara, Usep Rustandi menyebutkan bahwa penanaman secara simbolis 1000 plances pohon ini terdiri dari berbagai jenis bibit pohon, diantaranya jenis Manglid, Beringin, Aren dan Picung.

“Dengan adanya pelaksanaan penanaman pohon ini diharapkan ke depan bisa memperbaiki kondisi daerah tangkapan air dan sumber mata air di kawasan hutan Barat, dimana berperan sangat penting bagi kehidupan masyarakat di sekitar Manglayang untuk kebutuhan air minum dan pertanian. Sebagian besar airnya berasal dari kawasan hutan, yang sepatutnya semua pihak menjaga dan melestarikan sumber mata air dengan kegiatan semacam ini” harapnya.

Sementara itu, Ketua Badega Lingkungan Kabupaten Bandung, Budi Yuhanda mengatakan, “Kami sangat mengapresiasi pelaksanaan penanaman bersama ini, kegiatan seperti ini merupakan upaya reboisasi hutan lindung yang sangat diperlukan, terutama lokasinya yang dekat dengan sumber mata air,” ungkapnya. (Kom-PHT/Bdu/Hem).

Editor : Ywn
Copyright©2021