"Loading..."

Perhutani Bersama Stakeholder Tanam Rumput Vetiver Dan Gamal di Lokasi Rawan Longsor

CIAMIS, PERHUTANI (09/02/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ciamis, Komando Rayon Militer (Koramil) Pangandaran dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Mulya melakukan penanaman bersama 1000 plances rumput Vetiver dan Gamal di lokasi rawan longsor, tepatnya di petak 25d, wilayah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Pangandaran pada Selasa, (09/02).

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Perhutani (Asper) BKPH Pangandaran, Udin Saprudin beserta jajaran, Komandan Rayon Militer (Danramil) Pangandaran, Ikeu Masrika beserta anggota, dan Ketua LMDH Wana Mulya, Rasto beserta anggotanya.

Administratur KPH Ciamis, Sukidi melalui Asper BKPH Pangandaran Udin Saprudin menyampaikan apresiasi dan mendukung kegiatan rehabilitasi sumber-sumber mata air dan sempadan sungai atau tepi jurang yang diprakarsai oleh Danramil Pangandaran, dengan jenis tanaman yang memiliki nilai dan fungsi ekologi yang baik.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada stakeholder yang telah membantu menyukseskan kegiatan penanaman pada kawasan hutan negara yang dikelola oleh Perhutani, sehingga diharapkan di masa depan pengelolaan hutan lebih memiliki keseimbangan dari fungsi ekologi, ekonomi, dan sosial,” ujarnya.

Udin juga menegaskan pentingnya membangun dan menjaga sinergi lintas sektoral karena pengamanan hutan tidak bisa dilakukan oleh Perhutani sendiri dan perlu adanya dukungan dari berbagai pihak sehingga terbentuk satu kesatuan untuk menjaga dan menyelamatkan kawasan hutan.

“Pada musim penghujan kali ini potensi terjadinya bencana sangat besar sehingga perlu adanya sinergitas semua pihak dalam mengantisipasinya, khususnya di kawasan hutan,” imbuhnya.

Ketua LMDH Wana Mulya, Rasto mengatakan bahwa langkah yang dilakukan Perhutani dan jajaran Danramil Pangandaran dalam mengantisipasi bencana sangatlah positif dan bersinergis di semua kalangan.

“kami siap 24 jam bersama-sama dalam mengantisipasi apabila terjadi bencana, khususnya di wilayah BKPH Pangandaran,” pungkasnya. (Kom-PHT/Cms/Bun)

Editor : Ywn
Copyright©2021