"Loading..."

Perhutani Bersama UNS Tanam Ratusan Bibit di KHDTK Gunung Bromo, Karanganyar

SURAKARTA, PERHUTANI (08/03/2021) | Perum Perhutani bersama Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta melaksanakan penanaman di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Gunung Bromo, Karanganyar. (06/03).

Gunung Bromo semula merupakan kawasan hutan produksi terbatas yang dikelola oleh Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta. Namun sejak April 2018 pengelolaannya diserahkan kepada UNS berdasarkan Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. SK.117/MENLHK/SETJEN/PLS.0/4/2018.

Kegiatan penanaman kali ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Dies Natalies ke-45 UNS dan sebagai implementasi program “Kampus Merdeka” dan “Merdeka Belajar UNS Kepada Masyarakat”. Kepala Divisi Regional (Kadivre) Jawa Tengah, Oman Suherman mewakili Perhutani menyerahkan bibit pohon secara simbolis. Sebanyak 200 bibit pohon eukaliptus disumbangkan oleh Perhutani dan jenis tanaman lain oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Solo serta Ustadz Yusuf Mansyur.

Hadir dalam acara, Bupati Karanganyar Juliyatmono, Rektor UNS Jamal Wiwoho, Administratur KPH Surakarta Sugi Purwanta, Ustadz Yusuf Mansyur, Kapolres Karanganyar AKBP Muchamad Syafi Maula, Perwakilan BPDASHL Solo serta Civitas Akademika UNS.

Kadivre Jawa Tengah, Oman Suherman pada kesempatan tersebut menyampaikan harapannya agar kawasan hutan Perhutani KPH Surakarta yang sudah menjadi KHDTK Gunung Bromo dapat dikelola dengan lebih baik dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan di UNS dan juga bagi masyarakat sekitar serta Pemerintah Kabupaten Karanganyar.

Sementara itu Rektor UNS, Jamal Wiwoho menyampaikan bahwa pihaknya akan memanfaatkan KHDTK seluas 126 hektar tersebut dengan baik untuk hal-hal yang mendukung program pemerintah dan akan melibatkan berbagai program studi dari beberapa fakultas untuk bersama-sama memanfaatkan dan mengembangkan KHDTK ini.

“Kami juga kedepan akan memanfaatkan KHDTK UNS sebagai pariwisata, pendidikan dan sebagai destinasi pilihan untuk pelaksanaan kegiatan yang berkonsep alam terbuka di tengah hutan. (Kom-PHT/Ska/Ipk)

Editor : Ywn
Copyright©2021