"Loading..."

Perhutani Bersama Wakil Bupati Bandung Tanam Ratusan Pohon di Manglayang Barat

BANDUNG UTARA, PERHUTANI (10/01/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara bersama Wakil Bupati Bandung, Gungun Gunawan menggelar aksi menanam pohon di kawasan hutan petak 39c, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Ujungberung, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Manglayang Barat, Sabtu (09/01).

Hadir dalam acara tersebut, Administratur KPH Bandung Utara Komarudin, perwakilan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, anggota Komisi II Sari Sundari, Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) Enjang Juju dan unsur Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Riksa Kahuripan, Desa Ciporeat, Kecamatan Cilengkrang.

Kegiatan tersebut dimulai dengan penyerahan bantuan bibit tanaman kepada Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Wana Raharja LMDH Riksa Kahuripan yang kemudian dilanjutkan dengan penanaman secara simbolis berupa Multi Purpose Tree Species (MPTS) jenis Manggis, Alpukat, Nangka dan Jeruk.

Dalam sambutannya Administratur KPH Bandung Utara, Komarudin mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sinergitas antara Perhutani bersama Pemerintah Daerah dan elemen masyarakat lainnya dalam melestarikan hutan, sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan yang akan datang.

“Semoga dengan kegiatan ini tidak hanya berdampak positif bagi ketersediaan mata air, tapi pohonnya juga bisa tumbuh baik dan menghasilkan buah-buahan yang bernilai ekonomis bagi masyarakat,” harapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Bandung, Gungun Gunawan menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Gungun menegaskan bahwa kelestarian hutan itu merupakan tanggung jawab bersama.

“Dengan adanya kesadaran bersama dalam melestarikan alam khususnya hutan kita akan mewariskan mata air bagi generasi yang akan datang,” paparnya. (Kom-PHT/Bdu/Aep)

Editor : Ywn

Copyright©2021