"Loading..."

Perhutani Bersih Sampah dan Tanam Pohon Bersama Komunitas Penggiat Alam di Gunung Lawu

SURAKARTA, PERHUTANI (21/12/2020) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta ikut berpartisipasi bersama komunitas penggiat alam Grama Buana Adventure Jogja dalam kegiatan Penanaman Pohon dan Bersih Sampah di lereng Gunung Lawu jalur pendakian Candi Cetho, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Nglerak, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Utara, Kabupaten Karanganyar, Minggu (20/12).

Acara dihadiri oleh Kepala BKPH Lawu Utara Widodo, Ketua Umum Grama Buana Adventure Nurul Amin, Ketua Panitia Kegiatan Ardymas, bersama jajaran masing-masing dan para relawan.

Kegiatan ini diadakan dalam rangka Bakti Untuk Alam 2020 sebagai salah satu kegiatan memperingati Hari Gunung Internasional yang jatuh pada tanggal 11 Desember setiap tahunnya. Tema tahun ini adalah “Nyawiji Lestari Ditengah Pandemi” yang direalisasikan melalui aksi penanaman pohon dan bersih sampah di lereng Gunung Lawu melalui jalur pendakian Candi Cetho Karanganyar. Jenis pohon yang ditanam adalah Cemara Gunung sejumlah 50 buah.

Administratur KPH Surakarta melalui Kepala BKPH Lawu Utara, Widodo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kepedulian komunitas penggiat alam terhadap lingkungan khususnya wilayah Gunung Lawu.

“Perhutani KPH Surakarta bersama elemen masyarakat di Tawangmangu telah melaksanakan berbagai kegiatan  yang bertema cinta lingkungan. Kegiatan tersebut merupakan wujud kebersamaan dalam mencintai dan melestarikan lingkungan supaya memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat,” katanya.

Ketua Umum Grama Buana Adventure, Nurul Amin mengucapkan terima kasih kepada Perhutani KPH Surakarta yang telah memberikan dukungan dan fasilitas demi suksesnya kegiatan ini.

“Tiap tahun di bulan Desember kami selalu mengadakan kegiatan seperti ini, namun karena masih pandemi tahun ini dibatasi hanya 50 orang saja dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan. Semoga kedepan banyak komunitas atau pecinta alam yang ikut peduli sehingga alam di sekitar Gunung Lawu dapat terjaga dan lestari,” ujarnya. (Kom-PHT/Ska/Ipk)

Editor : Ywn
Copyright©2020