"Loading..."

Perhutani Bogor Menerima Mahasiswa IPB Praktek Lapangan Gelombang ke-III

BOGOR, PERHUTANI (27/01/2021) | Mahasiswa Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB) Bogor gelombang ke-III melaksanakan Praktik Lapangan Kehutanan (PLK) di wilayah Hutan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bogor, bertempat di kantor Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Bogor, Rabu (27/01)

Kegiatan yang akan diikuti mahasiswa PLK berjumlah 22 orang itu terdiri dari kegiatan pengelolaan hutan meliputi kegiatan konservasi SDH (Sumber Daya Hutan), pengelolaan Wisata, sadapan, Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) agroforestry kopi dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan.

Mewakili Administratur KPH Bogor, Asisten Perhutani (Asper) BKPH Bogor, Ade Soma menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat melaksanakan kegiatan PLK serta menyampaikan gambaran umum lokasi BKPH Bogor secara menyeluruh.

“Saran dan masukan dalam rangka pelaksanaan PLK sebagaimana yang diamanatkan Administratur Perhutani, Ahmad Rusliadi seperti tetap jaga protokol kesehatan (prokes), jaga sikap dan kondisi, serta dipersilahkan eksplore kegiatan pengelolaan hutan di BKPH Bogor meliputi kegiatan konservasi SDH, Pengelolaan Wisata, sadapan, HHBK agroforestry kopi dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan,” terangnya.

Ade Soma berharap para mahasiswa selama melaksanakan praktik dapat menggali banyak pengetahuan dan pengalaman yang sangat berharga sebagai bekal kelak dikemudian hari

Sementara itu dosen pembimbing, Istomo mengucapkan terima kasih atas sambutan dan perhatian yang telah di berikan Perhutani KPH Bogor khususnya BKPH Bogor.

“Tadi saya sudah supervisi mahasiswa yang praktik di BKPH Bogor dalam kondisi sehat dan lancar saat melaksanakan kegiatan, dalam kesempatan ini kami atas nama Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan dan bimbingan selama mahasiswa praktik di KPH Bogor,” ucapnya.

“Tujuan praktik ini untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mahasiswa dalam pengelolaan hutan Perhutani di Jawa. semoga kerjasama dan sinergitas antara Perhutani dan Fakultas Kehutanan terus terjaga dengan baik,” ungkapnya.

“Kami di Fakultas dapat meluluskan sarjana kehutanan yang handal dan tangguh untuk pengelolaan hutan di masa depan menjadi lebih baik. Kami berharap dengan dilaksanakannya magang kali ini, dapat memahami alur proses bisnis perusahaan, memunculkan gagasan dan ide, menambah kreasi dan inovasi serta pengetahuan kami sebelum menghadapi dunia kerja,”pungkasnya. (Kom-PHT/Bgr/Danu).

Editor : Ywn

Copyright©2021