"Loading..."

Perhutani, Bumdes, Pemdes dan Pengelola Wisata Jenggul Semangir Gelar Lomba Pembuatan Gazebo

BANYUMAS TIMUR, PERHUTANI (10/11/2020) | Bertempat di lokasi rintisan Wisata Jenggul Semangir (WJS), Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur, Badan Umum Milik Desa (Bumdes), Pemerintah Desa (Pemdes) dan pengelola WJS menggelar lomba pembuatan Gazebo yang memperebutkan hadiah berupa piala dan uang pembinaan, Selasa (10/11).

Wisata Jenggul Semangir memiliki pemandangan alam yang indah berlokasi di petak 8a seluas 8 hektar yang  masuk wilayah kerja Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Kaliputih, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Jatilawang. Lokasi WJS berada disebelah barat kota Purwokerto dengan jarak tempuh kurang lebih 1 (satu) jam perjalanan baik berkendaraan roda 2 maupun roda 4.

Lomba pembuatan Gazebo diikuti oleh 8 (delapan) peserta yaitu tim Rukun Warga RW I sampai RW VIII Desa Pasegeran, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas dan dihadiri oleh Kepala BKPH Jatilawang Mulyono, Sekretaris Camat (Sekcam) Cilongok Sumaryanto, Kepala Desa Pasegeran Saituddin, perwakilan Dinas Pemuda Olah Raga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Banyumas, Pengurus Bumdes dan Pemerintah Desa Pasegeran, segenap Ketua RW dan RT, serta tokoh masyarakat setempat.

Mewakili Administratur KPH Banyumas Timur, Kepala BKPH Jatilawang, Mulyono menyampaikan bahwa lomba pembuatan Gazebo ini bertujuan untuk mempercepat proses pengembangan rintisan WJS terutama dari sisi sarana dan prasarananya. Harapannya WJS segera berkembang dengan fasilitas, sarana dan prasarana yang lebih baik termasuk kebersihannya, sehingga pengunjung akan merasa tenang, aman dan nyaman.

“Jika banyak wisatawan datang, maka akan ikut meningkatkan pendapatan masyarakat setempat,” tuturnya.

Kepala Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas, Asis Kusumandani di tempat terpisah mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Perhutani KPH Banyumas Timur, Bumdes, Pemdes, Pengelola rintisan WJS yang sangat peduli dalam upaya pengembangan rintisan Wana Wisata Jenggul Semangir.

“Semoga rintisan Wana Wisata Jenggul Semangir ini semakin baik lagi sehingga banyak didatangi wisatawan,” ucapnya. (Kom-PHT/Byt/Rhm)

Editor : Ywn

Copyright©2020