"Loading..."

Perhutani, CDK Blora, dan Forkompincam Jati Beri Bimtek Perhutanan Sosial pada KTH

RANDUBLATUNG, PERHUTANI (04/11/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Randublatung bersama Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah I Blora dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincam) Jati, Kabupaten Blora melakukan sinkronisasi pelaksanaan Perhutanan Sosial oleh Kelompok Tani Hutan (KTH) Sariman Jaya Desa Pelem, dengan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) di pendopo Kecamatan Jati, Rabu (04/11).

Hadir dalam acara tersebut Administratur Perhutani Randublatung Dewanto, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah I Blora Heru Jadmika, Camat Jati Edy Purnomo, Danramil Jati Kapten Chb M.Rifa’i, Kapolsek Jati Iptu Supriyono, Kepala Desa Pelem Gunawan, Kepala Desa Jegong Dianto, Kepala Desa Gabusan Parsidi, serta segenap pengurus KTH Sariman Jaya.

Kegiatan Bimtek tersebut digelar untuk menyelaraskan pelaksanaan Perhutanan Sosial skema Ijin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS) yang dimiliki oleh KTH Sariman Jaya agar berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan pemerintah untuk mewujudkan masyarakat sekitar hutan yang lebih sejahtera. SK IPHPS yang telah terbit dan diterimakan oleh KTH Sariman Jaya seluas 640 Ha terdiri dari kawasan hutan yang berada di wilayah Desa Pelem, Jegong dan Gabusan, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora. Acara tersebut juga membahas tentang kepengurusan KTH, Rencana Pengelolaan Hutan (RPH), dan tata batas di tingkat tapak.

Administratur KPH Randublatung, Dewanto mengatakan, “Di wilayah kerja KPH Randublatung terdapat 1 wilayah Perhutanan Sosial skema IPHPS atas nama KTH Sariman Jaya dengan luas 640 Ha. Hal ini menjadi kewajiban kita bersama untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Perhutanan Sosial. Dengan kesamaan persepsi dari kegiatan IPHPS, diharapkan kegiatan dapat berjalan baik dan berdampak pada kesejahteraan petani hutan.”

Sementara itu Kepala CDK Wilayah I Blora, Heru Jadmika mengatakan, “Dengan sinkronisasi antara Kepala Desa dan Pengurus KTH serta para petani hutan terhadap penerapan SK IPHPS serta upaya adanya Bimbingan Teknis, semoga dapat mendorong keberhasilan KTH Sariman Jaya dalam menjalankan IPHPS.” pungkasnya. (Kom-PHT/Rdb/Hmt)

Editor : Ywn
Copyright©2020