"Loading..."

Perhutani Ciamis Bimbing PKL Mahasiswa Fahutan UNWIM

CIAMIS, PERHUTANI (25/02/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ciamis menerima 6 mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Winaya Mukti (UNWIM) untuk praktek lapangan, bertempat di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Banjar Selatan pada Rabu (23/02).

Kegiatan pembimbingan yang dilakukan selama PKL mulai bidang perencanaan hutan, pembinaan hutan seperti mulai dari persemaian, pembibitan, penanaman, dan pemeliharaan, selanjutnya perlindungan hutan serta pemanenan yang meliputi produksi kayu maupun non kayu, dan sosial lingkungan masyarakat seperti penanganan konflik serta ekowisata.

Administratur KPH Ciamis melalui Asisten Perhutani (Asper) BKPH Banjar Selatan, Amar Sukmara mengatakan bahwa kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini merupakan salah satu upaya sistem pendidikan kehutanan dalam rangka mempersiapkan calon sarjana Kehutanan agar memiliki pemahaman yang utuh terkait berbagai aspek pengelolaan sumber daya hutan secara adil dan berkesinambungan. PKL ini juga bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman kerja sebenarnya, di dunia kerja dan lingkungan masyarakat, sehingga akan siap ketika terjun ke dunia nyata.

Amar Sukmara juga merasa bangga dan menyampaikan apresiasi yang besar terhadap semangat para mahasiswa Fakultas Kehutanan dalam melaksanakan praktek lapangan ini, dan berharap apa yang telah diberikan bisa memberikan yang terbaik untuk mahasiswa PKL.

“Mahasiswa Fahutan ini merupakan rimbawan-rimbawan muda bagian dari kami, dan saya berharap bisa mewarisi semangat Rimbawan,” ujarnya.

Perwakilan Mahasiswa Fahutan UNWIM, Aditya Syarif Hidayat mengucapkan terima kasih pada Perhutani Ciamis dan sangat mengapresiasi serta berharap apa yang diperoleh selama praktek dapat menjadi bekal dimasa yang akan datang.  (Kom-PHT/Cms/Bun).

Editor : Ywn
Copyright©2021