"Loading..."

Perhutani Dampingi Tim Kementerian LHK Tinjau Lokasi RHL di Kebumen

KEDU SELATAN, PERHUTANI (02/04/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan menerima kunjungan Tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam rangka monitoring dan evaluasi Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Petak 54d3, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sikayu, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Gombong Selatan, Kamis (01/04).

Tim yang terdiri dari Tenaga Ahli KLHK Hari Priyanto dan Kasubdit Pengendalian Kerusakan Perairan Darat (PKPD) Heru Winarto dan jajaran didampingi oleh Kepala Departemen Pengelolaan Sumber Daya Hutan (PSDH) Perhutani Divre Jateng Henry Purnomo, Administratur KPH Kedu Selatan Komarudin dan jajaran BPDAS Serayu Opak Progo.

Tim melihat lokasi tanaman, mengunjungi brak (gubuk tanaman) RHL serta melihat administrasi dan dokumentasi RHL yang terpampang di brak RHL mulai dari awal tanaman sampai kondisi tanaman terkini.

Administratur KPH Kedu Selatan, Komarudin menyampaikan bahwa Perhutani berkomitmen untuk mencapai keberhasilan tanaman RHL dan senantiasa melibatkan masyarakat desa hutan melalui Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) untuk turut serta terlibat dalam kegiatan penanaman di lokasi RHL.

“Disamping memberikan kontribusi pendapatan atau upah tenaga kerja untuk masyarakat sekitar, keberhasilan tanaman, Perhutani juga mengembangkan potensi wisata alam dengan tetap menjaga kelestarian hutan,” lanjutnya.

Tenaga ahli Kementerian LHK, Hari Priyanto mengungkapkan kesannya dalam kunjungan ini.

“Tanamannya baik, administrasi di lokasi RHL juga baik, dokumennya terpampang di brak RHL. Hal ini agar bisa dicontoh untuk lokasi RHL yang lain,” ujar Hari.

Di kesempatan yang sama, Ketua LMDH Rimba Lestari Desa Pasir, Supriyo saat tanya jawab dengan Tim menuturkan bahwa dengan adanya tanaman RHL sangat bermanfaat bagi masyarakat. Disamping memperoleh hasil upah dari pembuatan tanaman RHL juga menjadikan hutan sekitar pantai lebih rindang dan bisa dirasakan manfaatnya oleh semua orang. (Kom-PHT/Kds/Ken)

Editor : Ywn
Copyright©2021