"Loading..."

Perhutani dan Badan Otorita Borobudur Tandatangani Perjanjian Kerjasama Wisata Glamping D’Loano

KEDU SELATAN, PERHUTANI (05/10/2020) | Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan bersama Badan Otorita Borobudur (BOB) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) kompensasi pemanfaatan jasa wisata alam Glamping D’Loano di Purworejo, Sabtu (3/10).

Hadir dalam acara ini Administratur Kedu Selatan Yudha Suswardhanto, Direktur Keuangan, Umum dan Komunikasi Publik BOB Y. Sigit Widiyanto, Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BOB Bisma Jatmika, dan Kepala Divisi Keuangan, Direktorat Keuangan, Umum dan Komunikasi Publik BOB H. Widodo.

Penandatanganan kerjasama dengan bentuk Kerja Sama Usaha (KSU) pemanfaatan jasa lingkungan wisata alam Glamping D’Loano diwakili oleh  Yudha Suswardhanto dan H. Widodo.

Administratur KPH Kedu Selatan, Yudha Suswardhanto menyampaikan bahwa Perhutani sangat mendukung kerjasama pengelolaan kawasan hutan untuk pariwisata ini dengan harapan kedepan bisa menular ke wisata lainnya sehingga dapat meningkatkan keuntungan bagi kedua belah pihak sekaligus perekonomian masyarakat sekitar hutan.

Kepala Divisi Keuangan, Direktorat Keuangan, Umum dan Komunikasi Publik BOB, H. Widodo, menyatakan  pihaknya bersedia mengembangkan wisata alam Glamping D’Loano sesuai ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam Perjanjian Kerjasama.

KPH Kedu Selatan memiliki luas lahan 44.659.81 ha dengan kondisi alam yang sangat beragam. Meski sebagian besar wilayahnya adalah hutan produksi, namun terdapat juga kawasan hutan yang memiliki nilai jual tinggi untuk pariwisata. Sedangkan Zona Otorita Kawasan Pariwisata Borobudur sendiri merupakan kawasan hutan yang dikelola oleh Perhutani seluas 300 ha di Kabupaten Purworejo.

Dari zona tersebut, kawasan untuk pemanfaatan jasa lingkungan alam hutan yang dikerjasamakan oleh Perhutani adalah seluas +3 ha yang masuk wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Loano, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Purworejo yang rencananya akan menambah wahana, maupun atraksi pendukung sehingga membuat wisatawan dapat menikmati camping dengan cara unik, tetap nyaman serta membuat kesan sehingga ingin kembali dan kembali lagi camping di Glamping D’Loano. (K om-PHT/Kds/Rwi)

Editor : Ywn
Copyright©2020