"Loading..."

Perhutani dan BPDASHL Brantas-Sampean Tanam Bibit Tanaman Langka di Probolinggo

PROBOLINGGO, PERHUTANI (11/01/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Probolinggo dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Brantas-Sampean melakukan penanaman bersama jenis tanaman langka Macadamia di kawasan hutan Perhutani wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sukapura, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sukapura, Sabtu (11/01).

Administratur KPH Probolinggo, Imam Suyuti menyampaikan bahwa tanaman Macadamia saat ini hampir punah sehingga keberadaannya harus dilestarikan.  “Gerakan penanaman tanaman  langka ini sebagai wujud pengkayaan jenis tanaman yang sudah sedikit jumlahnya di alam bebas. Hampir 1.000 plances tanaman jenis Macadamia ini kita tanam hari ini untuk dilestarikan,” tambah Imam.

Menurut Kepala BPDASHL Brantas-Sampean, Kunto Hirsilo mengatakan “Dengan dilakukannya penanaman ini diharapkan kelak anak cucu kita akan tetap mengetahui dan mengerti akan jenis tanaman Macadamia,” ujarnya.

“Penanaman tanaman Macadamia ini terus digalakkan karena keberadaannya yang sangat langka dan hampir punah. Jarang para penggiat tanaman menanam tanaman Macadamia dikarenakan selain benih dan bibit langka, harganya pun sangat mahal, sehingga kita yang harus mempeloporinya,” tandas Kunto. (Kom-PHT/Pbo/HH)

Editor : Ywn

Copyright©2020