"Loading..."

Perhutani dan BPSKL Jabalnusra Kawal Penyusunan RKT dan RKU LMDH di Banjarnegara

BANYUMAS TIMUR, PERHUTANI (18/03/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur bersama Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL) wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara (Jabalnusra) melaksanakan kegiatan Penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKU) dan Rencana Kerja Usaha (RKU), Selasa (16/03) bertempat di kediaman Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Pangonan Lestari, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara yang masuk wilayah kerja Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Karangkobar.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Seksi Penyiapan Kawasan Perhutanan Sosial (PKPS) Ahmad Sarifudin Fauzi, Kepala BKPH Karangkobar Rukim HS, Kepala Sub Seksi Kelola Sumber Daya Hutan dan Perhutanan Sosial Tuswanto, Ketua LMDH Pangonan Lestari Sucipto beserta jajaran, dan Pendamping Perhutanan Sosial dari Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) Kembang Emas Sri Listyaningsih.

LMDH Pangonan Lestari merupakan salah satu dari 6 LMDH yang telah mendapatkan Surat Keputusan (SK) Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK). Kegiatan ini dilaksanakan juga sebagai implementasi dari Program Perhutanan Sosial pasca terbitnya SK Kulin KK dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Administratur KPH Banyumas Timur melalui Kepala Sub Seksi SDH dan Perhutanan Sosial, Tuswanto, di ruang kerjanya menyampaikan bahwa Perhutani KPH Banyumas Timur mendukung secara penuh dan mengawal secara langsung penyusunan RKT dan RKU.

“Perhutani berharap semoga Perhutanan Sosial dapat memberikan manfaat untuk kesejahteraan masyarakat desa hutan dan kemitraan ini berjalan secara sinergis antara LMDH dengan Perhutani KPH Banyumas Timur,” ujarnya.

Kepala Seksi PKPS BPSKL wilayah Jabalnusra Ahmad Sarifudin Fauzi dalam kesempatannya menegaskan bahwa setelah RKT tersusun, LMDH Pangonan Lestari harus segera membentuk Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) dengan skema Perhutanan Sosial (PS) secara kelompok bukan perorangan.

Ketua LMDH Pangonan Lestari, Sucipto mengucapkan terima kasih dan rasa syukur atas pendampingan Tim Pengawalan Perhutanan Sosial dari Perhutani KPH Banyumas Timur, BPSKL, dan TPM. Ia berusaha segera membentuk KUPS dan berharap semoga kerja sama yang baik ini akan terus berjalan secara sinergis dan berkelanjutan sehingga membawa manfaat untuk semua. (Kom-PHT/Byt/Rhm)

Editor : Ywn
Copyright©2021