"Loading..."

Perhutani dan Bupati Karanganyar Resmikan Manunggaling Qolbu Rest Area di Tawangmangu

SURAKARTA, PERHUTANI (21/12/2020) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta meresmikan Manunggaling Qolbu (MQ) Rest Area yang berlokasi kampung Bener, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Banjarsari, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Utara, Kabupaten Karanganyar, Minggu (20/12).

Acara dihadiri oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono, Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto, Administratur KPH Surakarta Sugi Purwanta, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Titis, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Karanganyar Timotius, Kepala Badan Keuangan Daerah Karanganyar Kurniadi, Kepala Cabang Dinas Kehutanan (CDK) X Surakarta Misbah, Kepala Dinas Perhubungan Sri Supoko, Kapolsek Tawangmangu Ismugiyanto, Camat Tawangmangu Rusdianto, Danramil Heru, Pengelola MQ Rest Area Dedy Setyawan, Lurah Tawangmangu Sutopo, Forkopimcam dan undangan dari instansi lainnya.

Kegiatan diselenggarakan secara sederhana dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Karanganyar yang secara simbolis diserahkan kepada pengelola MQ Rest Area dan Wakil Bupati menyerahkan tumpeng kepada Administratur KPH Surakarta.

Lokasi MQ Rest Area menyuguhkan panorama alam yang menarik dan asri dengan latar belakang gunung Lawu dan hutan pinus seluas kurang lebih 0,29 hektar. Di rest area tersebut terdapat 23 ruko dan 7 kios untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Administratur KPH Surakarta Sugi Purwanta menjelaskan bahwa dalam kawasan hutan, Perhutani mengelola hutan lindung dan hutan produksi. Sedangkan di luar kawasan hutan, Perhutani mempunyai aset tanah perusahaan yang salah satunya dijadikan rest area ini.

“Salah satu misi Perhutani adalah bisa mengelola hutan beserta aset dengan optimal. Kami memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar maupun pada pemerintah daerah setempat. Dalam hal ini kawasan diluar hutan yaitu tanah perusahaan yang dimanfaatkan untuk mendukung perkembangan ekonomi di wilayah setempat. Semoga nantinya dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar dan pemerintah Kabupaten Karanganyar,” ujarnya.

Bupati Karanganyar Juliyatmono dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kreatifitas pengelola dengan Perhutani KPH Surakarta dalam memanfaatkan lahan agar produktif dan bisa menjadi tempat usaha yang kekinian. Ia berharap semoga tempat yang dikelola oleh pemuda ini membawa keberkahan bagi banyak pihak.

Di kesempatan yang sama, pengelola MQ Rest Area Dedy Setyawan mengucapkan terima kasih kepada tamu yang hadir dalam launching hari ini.

“Alhamdulillah akhirnya rest area ini sudah dapat digunakan. Kami mohon doa restu agar tempat ini membawa manfaat bagi kita semua,” pungkasnya. (Kom-PHT/Ska/Ipk)

Editor : Ywn
Copyright©2020