"Loading..."

Perhutani dan Bupati Lamongan Tebar Benih Ikan di Waduk Prijetan

MOJOKERTO, PERHUTANI (9/2/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mojokerto bersama Bupati Lamongan melakukan tebar benih ikan (restocking) di waduk Prijetan Desa Tenggerejo Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan, Senin (8/2).

Menurut Administratur KPH Mojokerto Nur Budi Susatyo, bahwa lokasi waduk Prijetan tersebut merupakan kawasan hutan di wilayahnya. “Di sekitar waduk ini lahannya juga dimanfaatkan masyarakat untuk kegiatan tanaman agroforestry seperti kopi, porang dan lain-lain,” katanya.

Tebar benih ikan dilakukan oleh Bupati Lamongan Fadeli bersama Administratur KPH Mojokerto Nur Budi Susatyo bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) lainnya dengan menggunakan perahu yang sudah disiapkan oleh Kelompok Usaha Bersama (KUB) Mekar Jaya yang kemudian secara bergantian melakukan pelepasan benih di tengah waduk.

Jenis ikan yang dilepaskan di waduk yang memiliki luas genangan seluas 231 hektar itu antara lain, jenis ikan tombro sebanyak 50 ribu ekor dan ikan tawes sebanyak 40 ribu ekor. Bantuan ikan tersebut merupakan bantuan dari KUB Mekar Jaya

Bupati Lamongan Fadeli merasa bersyukur dalam kondisi pandemi seperti ini masih bisa melaksanakan kegiatan restocking bersama-sama. “Kegiatan restocking ini dalam upaya peningkatan produksi budidaya ikan. Hari ini kita menebar benih ikan yang berkualitas guna membantu petani tambak berupa benih ikan tombro dan benih ikan tawes,”katanya.

Sementara itu Huda selaku ketua KUB Mekar Jaya ditemui pada saat acara restocking menyampaikan bahwa, selaku pengelola waduk ia memiliki anggota 45 orang dan 45 perahu. Nurul Huda berharap bantuan benih ikan yang ditebar Bupati di waduk Prijetan dapat dikelola pihaknya dengan baik sehingga bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar waduk Prijetan. (Kom-PHT/Mjk/Umi)

Editor : Ywn

 

Copyright©2021