"Loading..."

Perhutani dan CDK Banyuwangi Kukuhkan KUPS LMDH Wana Lestari

BANYUWANGI UTARA, PERHUTANI (20/10/2020) | Perhutani bersama Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Banyuwangi melaksanakan pengukuhan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Lestari KPH Banyuwangi Utara, bertempat di Balai Desa Watukebo Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi, Selasa (20/10).

Mewakili Administratur KPH Banyuwangi Utara Misyono Adi Setiyawan selaku Kepala Sub Seksi Komunikasi Perusahaan menyampaikan, bahwa KUPS tersebut keberadaannya sangat dibutuhkan sebagai unit usaha LMDH. “Dengan terbentuk KUPS ini agar ada progres kedepan dari LMDH, baik dalam bentuk usaha maupun yang lainnya,” ujarnya.

“Dengan adanya nilai tambah kepada para pesanggem melalui KUPS sebagai unit usaha, diharapkan masyarakat akan mengurangi aktifitasnya didalam kawasan,” imbuh Misyono.

Sementara itu Kepala Desa Watukebo Maimun Harianto berharap banyak kolaborasi antara Perhutani dan LMDH bisa lebih mensejahterakan warga Watukebo dan sekitarnya.¬† “Pihak Desa akan selalu mensupport kegiatan LMDH dan KUPS diantaranya dengan pembinaan dan bimbingan sehingga kedepan sinkronisasi LMDH, Perhutani dan Desa bisa terwujud,” terangnya.

Maimun menambahkan kedepan Pemerintah Desa juga akan mengupayakan dan selalu mengakses program Pemerintah Kabupaten, Provinsi dan Pusat yang bisa di dapatkan oleh KUPS dan LMDH.

Acara diakhiri dengan sambutan Dari Cabang Dinas Kehutanan Kabupaten Banyuwangi Hadi Irwanto mewakili Kepala Cabang Dinas Kehutanan. Dalam arahannya ia meminta agar LMDH harus lebih bisa membuktikan kualitasnya sebagai pemegang ijin pemanfaatan pengelolaan hutan negara dan bisa memberikan nilai tambah bagi para anggotanya. (Kom-PHT/Bwu/JY)

Editor : Ywn

Copyright©2020