"Loading..."

Perhutani dan Dinas Pertanian Kabupaten Pati Kunjungi Lokasi Pengembangan Talas di Bawah Tegakan

PATI, PERHUTANI (05/01/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pati dan Dinas Pertanian Kabupaten Pati mengadakan kunjungan lapangan tanaman talas di petak 130c Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Regaloh, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Regaloh, Selasa (05/01).

Hadir dalam kunjungan tersebut Administratur KPH Pati Edrian Sunardi, Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Pati Gunawan, penasehat Asosiasi Petani Porang Pati (Asperati), Forum Komunikasi Petani Porang Pati (FKP3), dan ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Pandu Wana Sukirto.

Administratur KPH Pati Edrian Sunardi menyampaikan bahwa lahan hutan di bawah tegakan selain cocok ditanami porang juga cocok bagi talas yang juga merupakan tanaman umbi-umbian daerah tropis. Keduanya merupakan tanaman semusim atau sepanjang tahun dan dapat hidup di berbagai jenis tanah dengan berbagai kondisi. Komoditas umbi-umbian tersebut menjadi prospek pengembangan yang menarik karena dapat diolah menjadi berbagai macam olahan makanan, sehingga juga menguntungkan bagi petani yang menanamnya.

“Harapan saya masyarakat agar mau lebih mengenal umbi talas. Sesungguhnya talas memiliki banyak potensi yang tidak boleh diremehkan. Karena banyak produk yang dihasilkan dari umbi talas,” tuturnya.

Sementara itu Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Pati, Gunawan mengatakan bahwa kunjungan kali ini sebagai penjajagan pengembangan talas dibawah tegakan.

“Banyak lahan Perhutani dibawah tegakan yang masih kosong. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh petani di sekitar kawasan hutan untuk tanaman talas. Di BKPH Regaloh ini juga cocok untuk budidaya tanaman kopi. Saya berharap LMDH yang membudidayakan tanaman kopi bisa dikawal dan didampingi untuk budidaya dan pemasarannya,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, seorang petani talas Lasiman mengucapkan banyak terima kasih kepada Perhutani KPH Pati yang telah mendukung anggota LMDH untuk penanaman serta pengembangan budidaya talas khususnya di BKPH Regaloh. (Kom-PHT/Pti/Gto)

Editor : Ywn
Copyright©2021