"Loading..."

Perhutani dan Dinas Pertanian Ngawi Panen Raya Jagung di Kawasan Hutan Saradan

SARADAN, PERHUTANI (11/2/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan bersama Dinas Pertanian Kabupaten Ngawi melakukan kegiatan Panen Raya jagung bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Rukun Makmur Desa di kawasan hutan petak 133a wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Teguhan Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Rejuno, Rabu (10/2).

Administratur KPH Saradan melalui Asisten Perhutani (Asper) BKPH Rejuno Siswoyo menuturkan, bahwa Perhutani akan selalu mendukung keberhasilan petani jagung yang tergabung dalam LMDH di wilayahnya untuk selalu meningkatkan produksinya.

Menurut Siswoyo Perhutani telah mengakomodir pengajuan LMDH dalam program Agroforestry jagung seluas 571 hektar dengan sistem plong-plongan dengan komposisi 60 : 40, “Yakni untuk plong 60 meter ditanami Kayu Putih dan plong 40 meter untuk tanaman palawija Jagung,” kata Siswoyo.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ngawi Marsudi dalam sambutannya mengatakan, bahwa untuk peningkatan produksi komoditi jagung, pihaknya akan mengawal keberhasilan petani jagung dalam pengelolaannya sehingga bisa mencapai target. “Kita akan membantu alat oven untuk pengering jagung, sehingga pada saat musim penghujan petani tidak akan mengalami kerugian,” ujar Marsudi.

Kegiatan Panen Raya jagung tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ngawi Marsudi bersama jajaran, Administratur  KPH Saradan diwakili oleh Asisten Perhutani BKPH Rejuno Siswoyo, Kelompok Petani yang tergabung dalam LMDH Rukun Makmur bersama Ketua Senung Budiarto, Tim Pendamping Mastarakat (TPM) dari Palapa Muhtiyar Ilham. (Kom-PHT/Srd/Swn)

Editor : Ywn

Copyright©2021