"Loading..."

Perhutani dan Forkopimcam Saradan Sosialisasikan Mitigasi Bencana Alam

SARADAN, PERHUTANI (22/2/2021) | Untuk mencegah terjadinya bencana alam pada kawasan hutan, Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Saradan melakukan kegiatan Sosialisasi Mitigasi Penanggulangan Bencana Alam di massa pandemi Covid-19 bertempat di Pos PTM 20 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pajaran Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH), Senin (22/2).

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut masyarakat diwajibkan menanam rumput gajah, lamtoro, empon-empon berupa temu lawak dan kunyit yang ditanam memakai pola nyabuk gunung dengan jarak 6 meter, melarang memangkas cabang pohon pada tanaman Kehutanan dan dilarang menggali dan mengambil tunggak pohon pada lokasi kawasan hutan.

Kegiatan tersebut dihadiri Administratur KPH Saradan yang diwakili oleh Asisten Perhutani (Asper) Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Pajaran Sudarmadji, Kepala Desa Pajaran Tri Handono, Bhabinkamtibmas Desa Pajaran Eko Purnomo, Babinsa Desa Pajaran M.Sodik, Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Rimba Mas Sejahtera Wisdianto bersama anggota dan segenap masyarakat petani Desa Pajaran.

Di tempat terpisah Administratur KPH Saradan Bambang Cahyo Purnomo, mengatakan bahwa kegiatan Sosialisasi Pencegahan Bencana Alam akan dilaksanakan di setiap BKPH di wilayah KPH Saradan, “Dalam rangka memberikan pemahaman terhadap Masyarakat Desa Hutan (MDH) untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan dan sadar lingkungan mengingat curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini, dengan harapan tidak terjadi bencana alam di wilayah hutan KPH Saradan,” ujar Bambang.

“Bagi masyarakat desa hutan yang mempunyai usaha budidaya tanaman porang dengan Pemanfaatan Lahan Dibawan Tegakan (PLDT) harus selalu menjaga kelestarian lingkungannya, sehingga selain dapat meningkatkan perekonomian juga diharapkan bisa mengantisipasi terjadinya bencana alam banjir,” kata Bambang menambahkan.

Pada kesempatan yang sama Ketua LMDH Desa Pajaran Rimba Mas Sejahtera Wisdianto mengatakan, ”Sebagai mitra kerja kami berterima kasih kepada Perum Perhutani KPH Saradan yang telah memberikan sosialisasi mengenai mitigasi bencana alam, kami berkomitmen akan berperan aktif dalam menjaga hutan yang ada di wilayah pangkuan kami,” kata Wisdianto memaparkan. (Kom-PHT/Srd/Swn)

Editor : Ywn

Copyright©2021