"Loading..."

Perhutani dan Kodim 0811 Tuban Kerjasama Tanaman FGS di Hutan Parengan

PARENGAN, PERHUTANI (1/10/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Parengan dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0811 Tuban bahas kerjasama reboisasi kawasan hutan di Kabupaten Tuban yang dilaksanakan di Kantor KPH Parengan pada Rabu (1/10).

Hadir dalam pertemuan tersebut antara lain Administratur KPH Parengan Setyo Salindra Putri beserta jajaran, Asisten Perhutani (Asper) Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Mulyogung, Moch Badar, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0811 Tuban, Letkol. Inf. Viliala Ramadhon yang didampingi Komandan Unit Intel, Letda Inf. Santoso.

Dalam pertemuan tersebut Perhutani KPH Parengan dan Kodim 0811 Tuban atas nama Koperasi Primer Kartika membahas rencana kerjasama untuk mewujudkan kelestarian hutan dan menjaga lingkungan ekosistem alam, sekaligus memberikan solusi dan alternatif sumber pendapatan kepada masyarakat di sekitar hutan.

Dalam pertemuan tersebut Perhutani KPH Parengan akan menyediakan beberapa lokasi di beberapa petak hutan di wilayah BKPH Mulyoagung, yakni petak 3, 12, 13, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Mulyoagung seluas 43 hektar dan BKPH Montong yakni petak 24 RPH Ngindahan seluas 10 hektar.

Rencana kerjasama ini dilakukan dengan tanaman Fast Growing Species (FGS) atau tanaman cepat tumbuh, seperti Sengon laut, Balsa, yang akan disediakan oleh pihak Kodim 0811 Tuban. Pemilihan penanaman dengan tanaman FGS dimaksudkan untuk segera mendapatkan penghasilan masing-masing pihak yang bekerjasama, serta terjaminnnya kelestarian hutan dan perbaikan lingkungan kedepannya.

Administratur KPH Parengan, Setyo Salindra Putri menyampaikan bahwa pihaknya sangat mendukung kerjasama reboisasi tersebut dan berharap dengan keterlibatan khususnya TNI dan masyarakat yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) nantinya akan memberikan dampak positif yang luas, “Saya berharap kesepahaman dalam pertemuan ini akan segera mewujudkan PKS antara Perhutani KPH Parengan Koperasi Kartika milik Kodim 0811 Tuban dan LMDH setempat,” terang Setyo Salindra Putri.

Sementara itu Dandim 0811 Tuban, Letnan Kolonel Inf. Viliala Ramadhon mengatakan bahwa pihaknya sudah sering melibatkan diri dalam kegiatan reboisasi dibanyak tempat pada saat dirinya bertugas, beberapa diantaranya sudah ada yang panen. “Baru pertama ini di wilayah Perhutani ada kesempatan untuk melakukan rencana kerjasama reboisasi pada lokasi tanam yang kompak dan luas,” ujarnya.

“Kami dan jajaran di lapangan selalu siap mendukung kegiatan reboisasi dan ini memamg bagian tugas kami di daerah,” tegas Viliala.  (Kom-PHT/Prg/Ags)

Editor : Ywn

Copyright©2020