"Loading..."

Perhutani dan LLH Amphibi Kerjasama Tanam Pohon Untuk Konservasi Air di Nganjuk

JOMBANG, PERHUTANI (11/12/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jombang dan Lembaga Lingkungan Hidup (LLH) Amphibi melakukan kerjasama pemanfaatan kawasan hutan dengan penanaman pohon aren untuk konservasi sumber mata air yang dilaksanakan di Kantor Perhutani KPH Jombang, Jumat (11/12).

Administratur Perhutani KPH Jombang Rumhayati dalam keterangannya mengatakan, bahwa pihaknya sangat mendukung upaya pihak lain terkait dengan kelestarian hutan, diantaranya menanam tanaman kehutanan yang bernilai ekonomi tinggi untuk konservasi sumber mata air di wilayah kerjanya.

Kerjasama tersebut dilakukan antara Perhutani dengan investor dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mitra Lestari. “Kerjasama dilaksanakan agar kegiatan konservasi sumber mata air juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, dengan berperan langsung ikut menanam, merawat, sampai memanen pohon aren tersebut, ataupun usaha lainya seperti wisata alam,” terang Rumhayati.

Menurutnya lokasi konservasi terletak di petak 5 Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ngujung Barat, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Losari yang secara administratif terletak di Desa Tempuran, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk. Dalam pertemuan dengan LLH Amphibi untuk tahap awal di musim penghujan tahun 2021 pihaknya akan menanam 1000 bibit aren bersama LMDH Mitra Lestari Desa Tempuran.

Sementara itu Ketua LLH Amphibi DPP Kabupaten Nganjuk, Trias Wahyu Hermanta mengucapkan terima kasih kepada Perhutani atas kerjasamanya dengan memberi ruang bagi semua pihak untuk turut serta berpartisipasi dalam proses kelestarian hutan, “Setelah proses kerjasama ini kami akan segera menanam pohon aren di lokasi tersebut,” katanya.

“Harapannya kedepan dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekitar untuk diambil air niranya sebagai gula, minuman legen, buah kolang kaling, terjaganya sumber airnya dan termasuk manfaat lainya,” imbuh Trias. (Kom-PHT/Jbg/Ars)

Editor : Ywn

Copyright©2020