"Loading..."

Perhutani dan LMDH Gondo Makmur Kembangkan Wisata Goa Simpen

KEDU SELATAN, PERHUTANI (30/12/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Gondo Wulan bersinergi mengembangkan destinasi wisata alam Goa Simpen yang ada di pegunungan asri wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sapuran, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ngadisono pada Rabu (30/12).

Wisata Alam Goa Simpen yang masuk dalam wilayah administratif Desa Gondowulan, Kecamatan Kepil, Kabupaten Wonosobo tersebut menawarkan wisata alam yang menarik untuk dijadikan destinasi pilihan pengunjung yang sedang berlibur.

Administratur Kedu Selatan, Yudha Suswardhanto menyampaikan bahwa di dalam hutan yang dikelola Perhutani, terdapat banyak sumber daya yang bisa dimanfaatkan. Tidak hanya kayu dan getah pinus, namun ada sumber daya lingkungan yang bisa dikembangkan bersama masyarakat. Diantaranya lingkungan alam yang mempunyai nilai estetika tinggi yang memiliki potensi wisata.

Yudha menambahkan jika pengelolaan Wisata Goa Simpen dilakukan bersama LMDH Gondo Makmur dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Gondowulan. Ia berharap kedepan dengan adanya wisata Goa Simpen, masyarakat Gondowulan khususnya mendapat lapangan pekerjaan. Yudha berpesan agar LMDH dan pokdarwis Gondowulan dalam pengelolaan Goa Simpen menerapkan protokol kesehatan dan kaidah-kaidah pengelolaan wisata hutan lestari yang berlaku selama masa pandemi covid-19.

Salah satu anggota Pokdarwis Goa Simpen, Aziz menyampaikan hasil studi pada bahwa masyarakat perkotaan cenderung jenuh dengan rutinitas sehari-hari sehingga relaksasi diri menjadi suatu kebutuhan.

“Di Goa Simpen pengunjung bisa dengan bebas menghirup udara segar pegunungan sambil memanjakan mata melihat indahnya pemandangan. Terdapat goa dengan batuan-batuan cantik untuk sekedar berteduh dan berselfie ria,” kata Aziz.

“Bagi pengunjung yang ingin menguji adrenalin bisa menikmati flying fox dan foto selfie di tempat yang ekstrim. Apabila berkunjung bersama keluarga, disini juga tersedia tempat bermain anak. Sedangkan rute menuju Goa Simpen, aksesnya mudah karena jalan sudah beraspal dan jarak dari kantor kecamatan Kepil ke lokasi cuma kurang lebih 5 kilometer atau bisa klik di google maps,” begitu terangnya. (Kom-PHT/Kds/Rwi)

Editor : Ywn

Copyright©2020