"Loading..."

Perhutani dan LMDH Mbono Lestari Bergotong-royong Perbaiki Jalur Angkutan Bibit di Mantingan

MANTINGAN, PERHUTANI (15/12/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mantingan bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mbono Lestari bergotong-royong memadatkan jalan angkutan bibit menuju lokasi tanaman. Sinergi tersebut dilaksanakan dalam upaya memperlancar jalur angkutan menuju petak tanam saat musim hujan di wilayah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Demaan, Senin (14/12).

Hadir dalam kegiatan Kepala BKPH Demaan, Rusmanto, Ketua LMDH Mbono Lestari Sumarsono beserta anggota masing-masing untuk bersama-sama melakukan pengerasan jalan di wilayah pangkuan hutan Desa Sendangmulyo.

Administratur KPH Mantingan melalui Kepala BKPH Demaan, Rusmanto mengkonfirmasi bahwa jalur-jalur angkutan menuju petak tanam menjadi sangat sulit dilalui di musim hujan. Ia menambahkan bahwa pemadatan jalur angkutan bibit mempunyai pengaruh terhadap kesuksesan penanaman dalam kawasan hutan yakni agar bibit dapat ditanam sesuai dengan tata waktu musim tanam.

“Licin dan banyak lubang, sehingga atas inisiatif bersama, Perhutani dan LMDH berupaya memadatkan alur dengan bebatuan dan menguruk tanah yang berlumpur,” terangnya.

Sementara itu Ketua LMDH Mbono Lestari, Sumarsono mengapresiasi peran serta Perhutani dalam kegiatan yang dilakukan oleh LMDH-nya.

“Kami siap mendukung penuh suksesnya tanaman tahun 2020, baik untuk tanaman pokok jati atau tanaman daur pendek seperti sengon dan Gamal. Karena dari hasil sharing yang nantinya akan diterima oleh LMDH dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan tetap melestarikan kawasan hutan yang ada di masing-masing desa pangkuan,” jelasnya. (Kom-PHT/Mnt/Sgt)

Editor : Ywn

Copyright©2020