"Loading..."

Perhutani dan Masyarakat Desa Karyamukti Menanam Pohon Bersama di Sumedang

SUMEDANG, PERHUTANI (22/12/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Sumedang melaksanakan penanaman pohon Jati Plus Perhutani (JPP) bersama stakeholder dan masyarakat desa hutan Karyamukti yang bertempat di petak 82f Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Bugel, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Tomo Utara, Minggu (22/12).

Dalam acara tersebut hadir Asisten Perhutani (Asper) BKPH Tomo Utara Mamat Rahmat mewakili Administratur KPH Sumedang, Kepala Desa Karyamukti Enung Ratnawati, Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mitra Mukti Darsa beserta anggota, Ketua Kelompok Tani Mitra Mukti Ence Kasrud, dan masyarakat sekitar hutan Tomo.

Kegiatan penanaman bersama ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan komando penanaman bersama di Ujung Jaya pekan lalu, yang merupakan titik awal dari upaya untuk menyukseskan “Tri Sukses Tanaman” di wilayah hutan Perhutani Sumedang khususnya di Tomo Utara. Lokasi yang digunakan untuk acara penanaman bersama ini merupakan salah satu petak kerjasama dengan masyarakat desa hutan, dimana masyarakat bisa menanam buah mangga Gedong Gincu sebagai tanaman pengisinya.

Menanggapi kegiatan penanaman ini, Administratur KPH Sumedang Asep Setiawan di tempat terpisah menyampaikan pesannya agar seluruh insan Perhutani Sumedang berpartisipasi aktif dalam upaya menyukseskan tanaman di hutan Perhutani. Untuk menciptakan sukses tanaman, diharapkan Perhutani Sumedang mampu melaksanakan Tri Sukses Tanaman, dimulai dari persiapan pemilihan bibit yang baik, pelaksanaan tanaman meliputi pengelolaan tanah yang benar dan pemeliharaan pasca tanam mencakup pengamanan tanaman.

“Mari kita sukseskan tanaman di wilayah hutan Sumedang.” ujarnya singkat.

Ungkapan terima kasih atas keterlibatan dalam kegiatan penanaman dinyatakan oleh Kepala Desa Karyamukti, Enung Ratnawati mewakili anggota masyarakat desanya. Ratnawati berharap kerjasama antara Perhutani dan masyarakatnya semakin ditingkatkan lagi supaya terjalin hubungan yang lebih baik. (Kom-PHT/Smd/Snr)

Editor : Ywn

Copyright©2019