"Loading..."

Perhutani dan Masyarakat Menanam Bersama di Kawasan Hutan Lindung Kebumen

KEDU SELATAN, PERHUTANI (29/01/2021) | Mengawali tahun 2021 ini Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan melaksanakan penanaman bersama di kawasan hutan lindung, tepatnya di wilayah pesisir pantai Logending, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen yang merupakan lokasi petak Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Serayu Opak Progo (SOP). Kegiatan ini juga diikuti 2 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yaitu LMDH Mitra Wanabakti Barokah dan LMDH Sabdo Pandhito Ratu, Rabu (27/01).

Administratur KPH Kedu Selatan, Yudha Suswardhanto disela-sela kegiatan menyampaikan bahwa penanaman bersama di awal tahun ini diharapkan menjadi pemicu semangat seluruh jajaran khususnya di lapangan dengan harapan tahun 2021, kegiatan pengelolaan sumber daya hutan dapat berjalan lancar dan selesai dengan baik sesuai rencana.

“Ada kurang lebih 240 bibit jenis Ketapang dan Nyamplung kita tanam hari ini. Lokasi penanaman masuk dalam Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Gombong Selatan, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Tebo seluas 2,7 Ha. Mari dijaga agar tetap hidup dan ayo sukseskan keberhasilan tanaman 2021 terutama tanaman dalam rangka rehabilitasi hutan lindung demi terjaganya ekosistem didalamnya dan terwujudnya hutan lestari,” himbau Yudha.

Salah satu anggota LMDH, Toyib Kusman menuturkan hutan di sekitar kawasan pesisir pantai menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang ke Kebumen.

“Sudah seharusnya kami sebagai masyarakat turut menjaga kelestarian hutan agar tetap hijau, karena wisata alam juga menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat desa kami,” ujarnya. (Kom-PHT/Kds/Ken)

Editor : Ywn
Copyright©2021