"Loading..."

Perhutani dan PDAM Tandatangani Kerjasama Pemanfaatan Air Dari Kawasan Hutan

LAWU DS, PERHUTANI (3/3/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Magetan dan  3 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) tentang pemanfaatan air dari kawasan hutan yang dilaksanakan di aula Kantor PDAM Magetan, Senin (1/3).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Administratur KPH Lawu Ds Suratno beserta jajaran, Direktur PDAM Lawu Tirta Magetan Mochamad Choirul Anam bersama jajarannya dan ketua LMDH Lawu Permai Sastro Suji, LMDH Hargo Lawu Sarman, LMDH Tirta Darmo Kasbi.

Terdapat 4 (empat) titik lokasi mata air yang dikerjasamakan dan disepakati dalam PKS tersebut untuk tahun 2021 dan 2022, diantaranya mata air Cemorotelo di petak 73/2 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sarangan Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Selatan, mata air Trojiwo di petak 79 RPH Ngancar, mata air Gondang Gede di petak 78 RPH Sarangan dan mata air Tirto Gumarang di petak 79 RPH Sarangan.

Suratno menyatakan, PKS tersebut bentuk sinergi dan kolaborasi antara Perhutani, LMDH dan PDAM Magetan untuk meningkatkan fungsi dan manfaat hutan dalam bentuk pemanfaatan sumber mata air di kawasan hutan. Ia juga menjelaskan, bahwa kerja sama tripartit dilaksanakan guna memberikan legalitas kepastian hukum bagi pihak-pihak yang bekerja sama.

“Pelaksanaan kerja sama ini diharapkan dapat membantu program PDAM dalam hal pengadaan air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Magetan, tentunya kerja sama ini harus saling menguntungkan semua pihak. Semoga PDAM serta LMDH ikut menjaga dan melestarikan sumber mata air tersebut,” kata Suratno.

Direktur PDAM Lawu Tirta, Moch Choirul Anam menyampaikan bahwa untuk kerja sama mengenai pemanfaatan sumber mata air yang telah disepakati bersama ini, pihaknya memberikan apresiasi penuh dan mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Perhutani KPH Lawu Ds, “Kami siap menjaga kelestarian hutan dan sekitarnya,” tandasnya.

Sementara itu Ketua LMDH Hargo Lawu, Kasbi mewakili LMDH lainnya menyampaikan dukungan atas rencana yang akan dilaksanakan Perhutani Lawu Ds. “Kami siap mendukung kegiatan pemanfaatan sumber mata air yang berada di wilayah wengkon LMDH se-Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan, dengan harapan dapat memberikan manfaat semua pihak yang berkepentingan,” tegas Kasbi. (Kom-PHT/Lwuds/Eko)

Editor : Ywn

Copyright©2021