"Loading..."

Perhutani dan Pemdes Majungan Tanam Mangrove di Pamekasan

MADURA, PERHUTANI (14/2/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madura bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Majungan dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sumber Barokah mengadakan kegiatan penanaman 2.000 mangrove di petak 64 wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pamekasan, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Madura Timur pada Minggu (14/2).

Administratur KPH Madura Budi Hermawan dalam keterangan secara terpisah menyampaikan, bahwa penanaman dengan jenis tanaman Mangrove ini merupakan wujud kepedulian Pemdes Majungan dan LMDH terhadap lingkungan di sekitarnya.

Menurutnya kawasan di petak 64 PRH Pamekasan merupakan sempadan pantai, “Jadi penanaman mangrove tersebut bertujuan untuk menahan abrasi dari air laut dan menjaga keseimbangan ekosistem di daerah tersebut,” ujar Budi.

Sementara itu Kepala Desa Majungan Subahnan dalam kesempatan tersebut mengatakan, bahwa penanaman ini merupakan tanaman swadaya dari LMDH Sumber Barokah. “Masyarakat Desa kami sangat berkepentingan dengan penanaman ini, karena wilayah Desa Majungan sebagian besar berbatasan dengan laut dan mayoritas masyarakat bergantung terhadap hasil laut,”¬† katanya.

Hadir dalam kegiatan KRPH Pamekasan Agus Susanto, Ketua LMDH Sumber Barokah Rahem dan Kepala Desa Majungan Subahnan, sebanyak 2.000 plances bibit mangrove yang ditanam pada kegiatan tersebut. (Kom-PHT/Mdr/Mbl).

Editor : Ywn

Copyright©2021